Sabtu 03 Juni 2023, 11:37 WIB

Tiga Calon Haji asal Jateng Meninggal di Tanah Suci

Budi Ernanto | Nusantara
Tiga Calon Haji asal Jateng Meninggal di Tanah Suci

MI/SUSANTO
Jemaah haji melakukan tawaf wada pada 2022.

 

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo menyebutkan jumlah jamaah calon haji asal Jawa Tengah yang meninggal di Tanah Suci hingga hari ke-11 keberangkatan dilaporkan sebanyak tiga orang.

"Jamaah calon haji Embarkasi Solo asal Jateng yang meninggal dilaporkan bertambah satu orang menjadi tiga orang," kata Humas PPIH Embarkasi Solo Gentur Rama Indriyadi seperti dilansir dari Antara, Sabtu (3/6).

Menurut Gentur, calon haji yang meninggal laporan terbaru atas nama Tasmi Kasan Mukrim (71), warga Kabupaten Kendal yang tergabung dalam kloter 15 Embarkasi Solo. Tasmi dilaporkan meninggal dunia saat salat di Masjid Nabawi Madinah, Arab Saudi, pada Jumat (2/6) sekitar pukul 09.44 waktu setempat karena serangan jantung.

Dua calon haji Embarkasi Solo sebelumnya yang meninggal dunia, yakni Suprapto Tarlim Kertowijoyo asal Kabupaten Demak tergabung kloter 3, di Hotel Abrajtabah Madinah, pada Rabu (25/5), pukul 04.25 WIB karena sakit
dan Masrikan Rejo Nasikum asal Demak kloter 4, di Rumah Sakit Arab Saudi, pada Rabu (31/5), pukul 18.30 waktu setempat, karena serangan jantung.\

Baca juga: Kemenag Pastikan Jemaah Haji Tertunda Bukan Berarti Batal Berangkat

"Ketiga jamaah asal Jateng itu sudah dimakamkan di pemakaman Baqi Madinah, Arab Saudi. PPIH Embarkasi Solo sudah memberitahukan kabar duka itu kepada panitia daerah untuk dilanjutkan kepada pihak keluarga," kata Gentur.

Sementara itu, PPIH Embarkasi Solo, pada Sabtu ini dijadwalkan memberangkatkan jamaah calon haji asal Jateng sebanyak empat kloter, yakni kloter 29 asal Kabupaten Kebumen, kloter 30 asal Kebumen, kloter 31 gabungan asal Kebumen Brebes, dan kloter 32 asal Brebes.

Jamaah kloter 29 asal Kabupaten Kebumen telah diberangkatkan ke Tanah Suci dengan 358 orang melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali pada pukul 08.15 WIB. Calon haji kloter 30 kini sudah persiapan diterbangkan ke Tanah Suci pada pukul 12.05 WIB, dan disusul kloter 31 pada pukul 19.35 WIB, serta kloter 32 pada pukul 23.55 WIB.

Baca juga: PAN Minta Jemaah Haji Lansia Didampingi Anggota Keluarga

"PPIH Embarkasi Solo hingga keberangkatan jamaah calon haji kloter 29, jumlah yang sudah diterbangkan ke Tanah Suci sebanyak 10.391 orang dari total rencana tahun ini sebanyak 33.664 orang asal Jateng dan DI Yogyakarta," katanya.

PPIH Embarkasi Solo, Sabtu ini juga kedatangan jamaah calon haji tiga kloter, yakni kloter 33 asal Kabupaten Brebes pada pukul 06.00 WIB, kloter 34 asal Brebes dan Kota Tegal pada pukul 10.00 WIB dan kloter 35 asal Kota Tegal pada pukul 19.00 WIB.

"PPIH Embarkasi Solo hingga kedatangan jamaah calon haji kloter 33 mencapai 11.104 orang yang diterima di Asrama Haji Donohudan Boyolali," katanya.

Sementara itu, jamaah calon haji yang masuk Asrama Haji Donohudan Boyolali dari hasil pemeriksaan kesehatan terakhir di Klinik Embarkasi Solo yang dinyatakan sakit dan dirujuk ke rumah sakit ada lima orang. Dengan rincian dua calon hai menjalani perawatan di RSU dr Moerwardi Solo, tiga di RS TNI AU Karanganyar. Enam calon haji lainnya masih menjalani observasi di Klinik Kesehatan asrama haji. (Z-6)

Baca Juga

Antara/Siswowidodo

Karhutla di Gunung Lawu Sulit Dipadamkan, Fokus ke Penyelamatan Sumber Air

👤Widjajadi 🕔Selasa 03 Oktober 2023, 23:38 WIB
Pada hari ini api menjalar ke kawasan hutan Tawangmangu, setelah dua hari sebelumnya sudah menyentuh jalur pendakian Cetho dan...
Ist

Pemkot Pariaman Gandeng MPPKP dan Karier.mu Gelar Sosialisasi Kartu Prakerja

👤Media Indonesia 🕔Selasa 03 Oktober 2023, 23:28 WIB
Dalam meningkatkan kompetensi angkatan kerja, Prakerja tak bisa sendirian. Kolaborasi dengan kampus, lembaga pelatihan, lembaga keuangan,...
Dok. MCK

Kiai Muda Jatim Bangun MCK untuk Ratusan Santri di Tuban

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 03 Oktober 2023, 23:25 WIB
"Fasilitas yang dulunya berupa kayu dan bambu, kami bangun tembok bata agar mereka nyaman ketika buang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya