Sabtu 28 Januari 2023, 23:00 WIB

Ratusan Ternak di Kabupaten Ponorogo Terjangkit Wabah PMK

mediaindonesia.com | Nusantara
Ratusan Ternak di Kabupaten Ponorogo Terjangkit Wabah PMK

MI/Depi
Petugas melakukan pemeriksaan hewan sapi perah yang telah diberikan vaksin di Lembang, Bandung Barat, Sabtu (28/1).

 

LEBIH dari 180 ternak sapi di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, dilaporkan terjangkit wabah penyakit mulut dan kuku (PMK), sehingga meningkatkan kekhawatiran atas risiko penularan dan dampak ekonomi berkaitan dengan produk daging maupun susu yang dihasilkan.
 
"Ada tren peningkatan yang saat ini terus kami awasi dan dilakukan penanganan segera," kata Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo Masun di Ponorogo, Sabtu (28/1).
 
Sementara ini, lanjut Masun, kasus PMK terdeteksi menjangkiti ternak di tiga kecamatan, yakni di Kecamatan Pudak, Slahung, dan Kecamatan Bungkal.
 
"Pertama kali muncul kasus di Desa Munggung Kecamatan Slahung, lalu menyebar di Kecamatan Bungkal dan Slahung," ungkap Masun.
 
Dia memperkirakan meningkatnya kasus PMK di daerahnya dipengaruhi tingginya mobilitas perdagangan hewan ternak selama libur Natal dan Tahun Baru 2023, di mana banyak hewan ternak luar daerah yang saat itu belum dilakukan vaksinasi PMK.


Baca juga: BI NTT Prediksi: Kegiatan Usaha Triwulan I 2023 di NTT Melambat

 
"Beberapa ternak kami identifikasi masuk dari Wonogiri, Magetan, belum divaksin di sana masuk ke sini membawa virus baru itu," jelasnya.  
 
Masun menambahkan, meski saat ini jumlah hewan ternak khususnya sapi yang terkena PMK mencapai ratusan ekor, namun angka kematian masih tergolong rendah yakni satu ekor milik salah satu peternak di Desa Munggung Kecamatan Pulung.
 
"Yang dilaporkan kepada Dipertahankan baru satu ekor yang mati akibat PMK," jelasnya
 
Disinggung soal pengetatan arus masuk hewan ternak dari luar daerah, Masun menyebut masih menunggu instruksi lebih lanjut dari provinsi.
Pasalnya kabupaten Ponorogo juga berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah.
 
"Penyekatan nunggu instruksi dari gubernur. Pengalaman tahun lalu di perbatasan malah banyak yang protes," tandasnya.
 
Saat ini, dari data Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo tercatat sudah ada 180 ternak yang terpapar virus PMK. Ratusan ternak yang terjangkit PMK itu tersebar di 12 kecamatan yang ada di Kota Reog. (Ant/OL-16)

Baca Juga

MI/RUDI KURNIAWANSYAH

Rest Area Tol Pekanbaru-Bangkinang Segera Rampung

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Senin 02 Oktober 2023, 15:00 WIB
Pengerjaan rest area sampai dengan saat ini sudah memasuki tahap finishing untuk menyempurnakan pembangunan dan juga rencana pekerjaan...
Antara

Penurunan Biaya Logistik dapat Mengatasi Ketimpangan

👤Adiyanto 🕔Senin 02 Oktober 2023, 14:44 WIB
Penurunan biaya logistik nasional juga dapat memperkuat persatuan Indonesia dengan menghubungkan daerah-daerah yang terpencil dan...
Ist

Kementan Harapkan Petani Serdang Bedagai Sosialisasi Kesuksesan CSA di Sumut

👤Media Indonesia 🕔Senin 02 Oktober 2023, 14:40 WIB
Mentan Syahrul Yasin Limpo mengaku senang dengan pemerintah daerah yang agresif memperjuangkan kebutuhan pangan masyarakatnya melalui...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

MI TV

Selengkapnya

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya