Selasa 24 Januari 2023, 12:47 WIB

Aktivitas Pelayaran di Pelabuhan Lorens Say Maumere Sudah Normal

Gabriel Langga | Nusantara
Aktivitas Pelayaran di Pelabuhan Lorens Say Maumere Sudah Normal

MI/Gabriel Langga
Aktivitas di Pelabuhan Lorens Say, Maumere, Kabupaten Sikka kembali normal karena cuaca membaik, Selasa (24/1/2023)

 

AKTIVITAS pelayaran di Pelabuhan Lorens Say Maumere yang sempat berhenti sementara akibat cuaca ektrem, kini mulai beraktivitas normal lagi.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) L Say Maumere, Jhon Ola mengatakan sesuai dengan peringatan dini yang dikeluarkan BMKG pihaknya mengambil langkah cepat demi menjaga keselamatan berlayar dengan tidak mengeluarkan surat persetujuan berlayar bagi kapal-kapal barang dan kapal pelayaran rakyat. Akibatnya banyak kapal-kapal bersandar di Pelabuhan Lorens Say Maumere.

"Cuaca ektrem kemarin itu, kita tidak mengizinkan kapal untuk berlayar. Jadi waktu itu banyak kapal yang bersandar di dermaga. Kita lakukan ini demi menjaga keselamatan pelayaran," ujar Jhon Ola, Selasa (24/1).

Pihaknya, jelas Jhon Ola, terus berkoordinasi dengan dengan BMKG dan diinformasikan cuaca sudah kembali normal. Atas dasar itu pihaknya mengeluarkan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) bagi kapal-kapal. "Saat ini kapal-kapal barang sudah mulai beroperasi. Aktivitas pelayaran sudah kembali normal akibat cuaca sudah membaik," ucap dia.

Namun, Jhon Ola menegaskan jika ada peringatan dini dari BMKG berkaitan dengan cuaca maka kita tunda keberangkatan kapal. Sebaliknya, kalau  cuaca membaik sambil berkoordinasi dengan BMKG maka izin kapal untuk berlayar akan dikeluarkan.

"Aktivitas pelayaran sudah mulai normal sejak dari tanggal 10 Januari hingga sekarang karena cuaca membaik," tandas dia.

Dia tambahan, aktivitas pelayaran normal bukan saja bagi kapal-kapal barang tetapi juga bagi kapal pelayaran rakyat yang melayani penumpang antar pulau seperti Pulau Pemana, Palue, Pulau Sukun dan beberapa pulau lainnya di Kabupaten Sikka . Namun ia tegaskan kepada  pemilik kapal agar mengutamakan keselamatan dalam berlayar.

"Aktivitas kapal pelayaran rakyat yang melayani penumpang sudah normal juga. Kan cuaca sudah membaik," pungkas dia. (OL-13)

Baca Juga: Bandara Komodo Siap Sambut Pelaksanaan KTT ASEAN Ke-42

Baca Juga

MI/Heri S

Upaya Penyelundupan 87 Calon PMI Ilegal ke Arab Saudi Digagalkan

👤Heri Susetyo 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 20:45 WIB
Ke-87 PMI itu berasal dari NTT, Jember, dan Jawa Tengah. Mereka akan berangkat dari Terminal 2 Bandara Internasional Juanda di Kabupaten...
DOK.MI

Waspada Dampak Hujan dan Angin Kencang di Bali hingga 30 Januari

👤Ruta Suryana 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 20:05 WIB
Dampak yang berpotensi terjadi akibat cuaca ekstrem antara lain banjir, tanah longsor, pohon tumbang, angin kencang,...
DOK.MI

Berlayar tanpa ABK, Nakhoda KM Dimas Hilang Kontak di Perairan Lebak

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 18:43 WIB
Makmur pada Senin (23/1) pukul 09.00 WIB berangkat melaut untuk mencari ikan di perairan Binuangen tanpa anak buah kapal...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya