Minggu 22 Januari 2023, 15:29 WIB

OMG Jawa Timur Gelar Seminar Edukasi Bertahan Hidup di Alam Bebas

mediaindonesia.com | Nusantara
OMG Jawa Timur Gelar Seminar Edukasi Bertahan Hidup di Alam Bebas

MI/HO
Relawan OMG Jatim mengadakan Seminar dan edukasi bertahan hidup di alam bebas untuk pemuda, di Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Sabtu

 

RELAWAN Orang Muda Ganjar (OMG) Wilayah Jawa Timur (Jatim) kembali menggelar kegiatan bermanfaat untuk kalangan pemuda dan milenial. Pada Sabtu (21/1), mereka menggelar seminar edukasi dengan tema bertahan hidup di alam bebas.

Seminar yang digelar di salah satu kafe di daerah Siwalanpanji, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, itu dihadiri banyak pemuda dan milenial dari berbagai daerah di Sidoarjo.

Para pemuda itu mayoritas memiliki hobi beraktivitas di alam, seperti mendaki gunung.

OMG Jatim juga menggandeng salah satu komunitas pencinta alam di Jawa Timur, Summit Hunter untuk mengisi materi dalam seminar tersebut.

Dalam seminar itu, para peserta diberikan materi edukasi perihal bagaimana bertahan hidup di alam bebas.

Mulai dari manajemen logistik sebelum mendaki gunung, cara mencari makanan dan air darurat, cara mencegah hipotermia, hingga cara memfilter air kotor hingga layak konsumsi.

Koordinator Daerah OMG Jatim, Zaki Mubarok berharap kegiatan ini bisa bermanfaat untuk anak muda di Sidoarjo yang mulai menggeluti kegiatan di alam bebas.

"Ini untuk menampung teman-teman yang memiliki hobi dalam bidang aktivitas di alam, seperti naik gunung," ujar Zaki.

Selain itu, para relawan juga mendirikan Posko Binaan Orang Muda Ganjar di Desa Wedoro Klurak, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo untuk tempat berkumpul para anak muda yang tertarik pada aktivitas di alam bebas.

"Di posko itu, nanti bisa jadi tempat diskusi dan seminar-seminar edukasi tentang bahaya apa saja di alam, kemudian bagaimana ketika kami dihadapkan dengan bencana atau sesuatu yang tidak terduga itu, harus mengatasinya dengan cara apa," katanya.

Zaki berkomitmen bahwa relawan OMG akan terus menggelar kegiatan yang bermanfaat untuk anak muda dan milenial di wilayah lainnya di Jawa Timur.

Zaki menyebut, pihaknya telah berdiskusi untuk segara menggelar kegiatan bermanfaat di bidang lain, seperti pendidikan dan sosial.

"Kegiatan ini terinspirasi dari Ganjar Pranowo. Pak Ganjar meski usianya sudah bisa dibilang tua, tapi dia memiliki jiwa muda yang sangat tinggi," sebutnya. (OL-13)

Baca Juga

ANTARA

PLN Putus Sambungan Listrik Kantor Bupati Kepulauan Tanimbar

👤Widhoroso 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:57 WIB
PLN unit layanan pelanggan (ULP) Saumlaki, Maluklu melakukan pemutusan jaringan listrik yang mengaliri kantor bupati Kepulauan Tanimbar,...
Ist

Relawan Puan Sosialisasikan Kelor sebagai Pencegah Stunting di Sukabumi

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:49 WIB
Kegiatan melawan stunting di Desa Pabuaran diadakan berkat kerja sama HaloPuan dengan kader PDI Perjuangan sekaligus Anggota DPRD Kabupaten...
DOK MI.

Polres Padang Panjang Tetapkan Sopir Truk Tersangka Kecelakaan Beruntun

👤Gusri Elfaishal 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:48 WIB
Satu hari pascakecelakaan beruntun yang menewaskan tiga pengendara, Kepolisian Resort Padang Panjang menetapkan Novriaggani, 47, sebagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya