Sabtu 21 Januari 2023, 14:30 WIB

Kawasan Wisata Pantai Kawaliwu Flotim Dipenuhi Sampah Plastik

Fransiskus Gerardus  | Nusantara
Kawasan Wisata Pantai Kawaliwu Flotim Dipenuhi Sampah Plastik

Koresponden MGN/Fransiskus Gerardus
Pantai Kawaliwu dipenuhi sampah plastik

 

PANTAI Kawaliwu yang berada di Kecamatan Lewolema, Kabupaten Flores Timur, mulai dipenuhi sampah plastik. Pantai yang semula menjadi salah satu tempat wisata di Flores Timur dan paling ramai dikunjungi wisatawan, kini mulai sepi.

Bermacam sampah plastik terlihat jelas di pantai ini, mulai dari kantong plastik, sedotan, wadah makanan hingga botol air minum berserakan di bibir pantai hingga bahu jalan masuk menuju destinasi wisata tersebut.

Oni, salah satu pengunjung pantai, mengakui keindahan Pantai Kawaliwu sudah mulai memudar karena tertutup oleh pemandangan sampah yang berserakan. Dirinya mengusulkan peran aktif aparat desa atau remaja desa untuk membersihkan sampah plastik dan mengajak para pelajar melakukan gerakan bersih pantai.

"Harusnya ada yang mengoordinir jangan dibiarkan pantai yang merupakan kawasan wisata ini dalam keadaan kotor dengan sampah plastik," tuturnya.

Baca juga: Mutiara Carita Cottages Eco-Resort Hadirkan Liburan di Pantai yang Berkesan

Sementara pengunjung lain Yakobus El menambahkan peran aktif orang muda setempat juga sangat diperlukan untuk meninkatkan 'popularitas' Pantai Kawaliwu tersebut.

"Yah, orang muda setempat harus berperan aktif untuk menjadikan spot wisata ini menjadi lebih baik dan lebih dikenal," ungkapnya.

Menurutnya, destinasi wisata Pantai Kawaliwu jika dikembangkan dan dipelihara secara baik dapat meningkatkan roda perekonomian masyarakat setempat.

"Jika dijaga dan dikelola dengan baik destinasi wisata ini bisa menjadi sumber pendapatan dan menumbuhkan roda perekonomian masyarakat setempat," tukasnya.(OL-5)

Baca Juga

dok.ist

Burhan Zainuddin Ajak Optimalkan Kacang Mete Buton Tengah

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:30 WIB
SELAIN hasil laut, potensi hasil bumi Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara dinilai dapat terus dioptimalkan. Salah satunya hasil bumi...
Dok. Kanwil Kemenkumham Babel

Kanwil Kemenkumham Babel, Dorong Kabupaten Bangka untuk Daftarkan Kekayaan Intelektual Komunal

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:10 WIB
Dalam kunjungannya, Harun disambut langsung oleh Bupati Kabupaten Bangka Mulkan, untuk membahas optimalisasi layanan hukum dan hak asasi...
dok.ist

Bupati Harap Sail Teluk Cenderawasih Tingkatkan Ekspor Yellowfin Biak Numfor

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:55 WIB
BUPATI Biak Numfor, Herry Ario Naap berharap penyelenggaraan Sail Teluk Cenderawasih 2023 di wilayahnya, dapat mengoptimalkan seluruh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya