Jumat 20 Januari 2023, 23:10 WIB

Pelabuhan Sadai Diharapkan Geliatkan Ekonomi Masyarakat Bangka Selatan

mediaindonesia.com | Nusantara
Pelabuhan Sadai Diharapkan Geliatkan Ekonomi Masyarakat Bangka Selatan

DOK.PEMKAB BASEL
Foto udara Pelabuhan Sadai di Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung.

 

BUPATI Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Riza Hardavid, berharap Pelabuhan Sadai di Kecamatan Tukak Sadai bisa dikembangkan dan ditingkatkan pembangunannya untuk menggeliatkan ekonomi masyarakat.
 
"Pelabuhan Sadai ini khusus untuk bongkar muat atau sebagai pelabuhan pengumpul, kita berharap bisa dikembangkan lagi, sehingga keberadaannya mampu menggeliatkan ekonomi masyarakat," ujarnya di Toboali, Babel, Jumat (20/1).
 
Bupati optimistis Pelabuhan Sadai memiliki potensi ekonomi yang cukup baik dan beberapa waktu lalu sudah dikunjungi Presiden Joko Widodo.
 
"Bahkan, sebelum dikunjungi Presiden, sebelumnya juga sudah dikunjungi Menteri Perhubungan dan itu artinya pemerintah menanggapi positif keberadaan pelabuhan itu," ujarnya.
 
Bupati mengatakan kunjungan itu untuk melihat kondisi atau studi lapangan di daerah Pelabuhan Sadai, sehingga dapat dikembangkan.


Baca juga: Bulukumba akan Bangun Bandara Khusus Pariwisata

 
"Saya tentu sangat mengapresiasi kepada pihak kementerian dan PT Pelindo II yang sudah melakukan kajian terhadap Pelabuhan Sadai ini, dengan harapan bisa dikembangkan menjadi pelabuhan lebih representatif yang bisa disinggahi kapal berukuran besar," ujarnya.
 
Menurut bupati, peningkatan pembangunan Pelabuhan Sadai untuk  mempercepat pembangunan perekonomian masyarakat di daerah itu.
 
Sarana dan prasarana yang sudah ada di Pelabuhan Sadai antara lain satu unit gedung kantor, dermaga beton dengan panjang 175 meter x 8,5 meter, dan lapangan penumpukan serta trestle.
 
Selain itu, ada juga fasilitas lain seperti pengolahan air bersih, gedung dan mesin genset dan penerangan lampu jalan berupa panel surya ditambah lagi dengan kondisi alam yang mendukung, karena dilindungi oleh Pulau Lepar Pongok sehingga terlindungi dari gelombang besar.
 
"Kita ingin pelabuhan ini dapat menjadi pintu atau gerbang perekonomian masyarakat Bangka Selatan," katanya. (Ant/OL-16)

Baca Juga

DOK Pribadi.

Hampir Semua Kecamatan di Manado Alami Banjir dan Longsor

👤Amanda Komaling 🕔Jumat 27 Januari 2023, 15:25 WIB
Bencana banjir dan tanah longsor menerjang Kota Manado, Sulawesi Utara, Jumat pagi. Bandar Udara Samratulangi dan ruang VIP Pemprov Sulut...
Metro TV/Teguh Angga.

Mantan Anggota DPRD Langkat Tewas Ditembak

👤Teguh Angga 🕔Jumat 27 Januari 2023, 15:00 WIB
Atas kejadian itu, anak-istri Paino tak mampu membendung duka. Istri Paino terus menunjukkan muka kesedihan dan berkali-kali menangis...
MI/Widjajadi

Ratusan Anak TK Sambut Peresmian Solo Safari

👤Widjajadi 🕔Jumat 27 Januari 2023, 14:14 WIB
Kawasan seluas 13,9 hektare (ha) itu menghadirkan lebih dari 347 individu satwa dari total 87 spesies satwa endemik Indonesia yang terancam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya