Jumat 20 Januari 2023, 13:29 WIB

Peras Penumpang Kapal, Tiga Calo di Pelabuhan Tenau Ditangkap

Palce Amalo | Nusantara
Peras Penumpang Kapal, Tiga Calo di Pelabuhan Tenau Ditangkap

dok.medcom
Ilustrasi

 

TIM Jatanras Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) berhasil menangkap tiga calo yang beroperasi di Pelabuhan Tenau Kupang karena memeras penumpang yang baru turun dari kapal.

Kabid Humas Polda NTT Kombes Ariasandy membenarka penangkapan tiga calo tersebut. Mereka dibawa ke Polda NTT untuk menjalani pemeriksaan. "Tiga orang yang ditangkap GM, DF dan YA," ujarnya di Kupang, Jumat (20/1/2023).

Informasi yang dihimpun Media Indonesia menyebutkan, para calo tersebut memeras suami istri, warga NTT yang kembali dari Kalimantan. Ia dipaksa membayar Rp500 ribu untuk diantar ke kawasan wisata gua monyet yang berjarak sekitar satu kilometer di pelabuhan.

Jika ingin diantar sampai tempat tinggalnya di Kelurahan Oesapa, Kota Kupang, para calo memintanya membayar Rp800 ribu. Sebenarnya, pasangaN suami isrtri itu menolak diantar dengan taksi pelabuhan, tetapi para calo terus memaksa, bahkan barang-barang mereka digeledah.

Kepala Dinas Perhubungan NTT, Isyak Nuka mengatakan pemerasan terhadap penumpang sering terjadi di pelabuhan, dilakukan oleh para calo angkutan umum.

"Tentu saja hal ini tidak dibenarkan karena tidak sesuai ketentuan. Area pelabuhan Tenau adalah area khusus yang tidak bisa semua angkutan umum masuk dan mengangkut penumpang. Segera kita akan mengadakan pertemuan koordinasi bersama pemilik pelabuhan dalam hal ini PT. Pelindo bersama stakeholder lainnya untuk mengatasi permasalah ini," ujarnya. (OL-13)

Baca Juga: Penyidik Diduga akan Ringankan Polisi Pengeroyok ODGJ, Ini Indikasinya

Baca Juga

MI/Tosiani

Ganjar Pranowo Luncurkan Program Beras Fortifikasi untuk Atasi Stunting

👤Tosiani 🕔Rabu 01 Februari 2023, 13:15 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo melaunching beras fortifikasi atau beras bergizi yang diperuntukkan bagi ibu hamil di Magelang....
MI/Beben

Pascagempa, Distribusi Air Bersih PAM di Cianjur belum 100%

👤 Benny Bastiandy 🕔Rabu 01 Februari 2023, 13:00 WIB
Pasca gempa, Perumdam Tirta Mukti Kabupaten Cianjur, belum normal pasok air karena penanganan jaringan pipa yang mayoritas mengalami...
MI/HO-Penrem Korem 161 Wira Sakti.

Pejabat Komandan Korem 161/Wira Sakti Kol.Inf Fabriel Buyung Dilantik

👤Palce Amalo 🕔Rabu 01 Februari 2023, 12:25 WIB
PANGDAM IX/Udayana Mayjen Sonny Aprianto menyerahkan tugas, wewenang dan tanggung jawab pejabat Komandan Korem 161/Wira Sakti kepada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya