Selasa 17 Januari 2023, 21:29 WIB

Potensi Angin Kencang di Selat Malaka, Nelayan Diimbau Waspada

mediaindonesia.com | Nusantara
Potensi Angin Kencang di Selat Malaka, Nelayan Diimbau Waspada

ANTARA
Ilustrasi prakiraan cuaca dari BMKG

 

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Malikussaleh Lhokseumawe, Aceh, mengingatkan potensi angin kencang yang mencapai 30 kilometer per jam di perairan Selat Malaka dalam beberapa hari ke depan.
 
"Angin kencang berpotensi melanda wilayah perairan Selat Malaka untuk beberapa hari ke depan dengan kecepatan mencapai 30 kilometer per jam," kata Prakirawan BMKG Stasiun Malikussaleh Febrianto di Lhokseumawe, Selasa (17/1).
 
Menurut Febrianto, angin kencang tersebut mengakibatkan terjadinya peningkatan gelombang laut yang mencapai dua meter. Gelombang dengan ketinggian dua meter tersebut berbahaya bagi pelayaran.
 
Oleh karena itu, Febrianto mengimbau nelayan maupun pelaku pelayaran mewaspadai dampak yang ditimbulkan angin kencang tersebut. Jika pun berlayar, lengkapi dengan alat komunikasi dan pelayaran.

"Kecepatan angin mencapai 30 kilometer per jam tersebut tidak tergolong ekstrem, namun berbahaya untuk aktivitas di laut. Kami meminta nelayan untuk menunda aktivitas di laut untuk beberapa hari ke depan," katanya.


Baca juga: Lahar Dingin Gunung Kerinci Timbun 10 Hektare Sawah Warga

 
Sedangkan angin di darat, kata Febrianto, berdasarkan pantauan citra satelit, masih tergolong normal dengan kecepatan maksimal mencapai 18 kilometer per jam.
 
Selain angin, kata Febrianto, cuaca di Kota Lhokseumawe dan sekitarnya diprediksi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada sore hingga malam hari. Namun, tetap diwaspadai hujan disertai angin kencang dan petir.
 
"Saat ini masih dalam musim penghujan dan diprediksi akan berakhir pada akhir Januari 2023. Sementara, untuk musim panas diperkirakan akan terjadi pada pertengahan Februari 2023," katanya.
 
Terkait potensi gempa di wilayah timur Aceh, kata Febrianto, masih berkemungkinan terjadi, mengingat status sesar atau patahan di Lhokseumawe masih dalam kondisi aktif.
 
"Kemungkinan gempa susulan setelah awal Januari 2023, Kota Lhokseumawe diguncang gempa. Jadi, gempa susulan masih berpotensi ada karena status sesarnya masih aktif hingga saat ini," kata Febrianto. (Ant/OL-16)

Baca Juga

ANTARA

PLN Putus Sambungan Listrik Kantor Bupati Kepulauan Tanimbar

👤Widhoroso 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:57 WIB
PLN unit layanan pelanggan (ULP) Saumlaki, Maluklu melakukan pemutusan jaringan listrik yang mengaliri kantor bupati Kepulauan Tanimbar,...
Ist

Relawan Puan Sosialisasikan Kelor sebagai Pencegah Stunting di Sukabumi

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:49 WIB
Kegiatan melawan stunting di Desa Pabuaran diadakan berkat kerja sama HaloPuan dengan kader PDI Perjuangan sekaligus Anggota DPRD Kabupaten...
DOK MI.

Polres Padang Panjang Tetapkan Sopir Truk Tersangka Kecelakaan Beruntun

👤Gusri Elfaishal 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:48 WIB
Satu hari pascakecelakaan beruntun yang menewaskan tiga pengendara, Kepolisian Resort Padang Panjang menetapkan Novriaggani, 47, sebagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya