Selasa 17 Januari 2023, 21:02 WIB

Lahar Dingin Gunung Kerinci Timbun 10 Hektare Sawah Warga

mediaindonesia.com | Nusantara
Lahar Dingin Gunung Kerinci Timbun 10 Hektare Sawah Warga

ANTARA/Wahdi Septiawan
Areal persawahan di kaki Gunung Kerinci, terlihat dari Kayu Aro Barat, Kerinci, Jambi.

 

SEKITAR 10 hektare lahan sawah milik warga di Desa Sungai Rumpun Kecamatan Gunung Tujuh Kabupaten Kerinci, Jambi, tertimbun lahar dingin Gunung Kerinci setelah erupsi Gunung Kerinci beberapa waktu terakhir.
 
"Sawah dan Sungai Rumpun ini memang jalur aliran lahar dingin dari Gunung Kerinci. Sehingga jika ada erupsi Gunung Kerinci yang mengeluarkan abu vulkanik jika hujan dan banjir maka lahar masuk ke desa kami," kata Kepala Desa Sungai Rumpun Herman di Kerinci, Selasa (17/1).
 
Luapan lahar dingin yang menimbun persawahan warga ini karena jalur sungai yang membelah desa tersebut dangkal. Selain sawah, lahar dingin juga menimbun aliran Sungai Rawa Bento.
 
"Untuk kali ini erupsi mulai sebulan lalu setiap hujan atau banjir membawa lahar dingin dari puncak Gunung Kerinci. Jalur sungai yang dangkal menyebabkan lahar dingin melimpah ke areal persawahan lebih kurang 10 hektare sudah tertimbun lahar dingin," katanya.
 
Dia menyebutkan saat ini aktivitas warga bertani seperti biasa sebab area persawahan yang tertimbun lahar dingin itu berada di ujung muara.


Baca juga: Pemkab Lembata Siapkan Beras Cadangan Atasi Ancaman Gagal Panen

 
"Kalau untuk sawah yang di ujung muara terkena limpahan lahar dingin tanahnya nggak bisa digarap," katanya menjelaskan.
 
Lebih lanjut, kata dia, untuk kawasan pemukiman warga tidak terkena lahar dingin.
 
Sementara itu, pihaknya telah menyampaikan pemberitahuan kepada Pemkab Kerinci terkait kondisi itu. Menurut informasi yang didapatnya, dinas terkait akan melakukan pengecekan ke lokasi yang tertimbun lahar dingin
tersebut.
 
Dia berharap adanya bantuan pemerintah untuk normalisasi dan  pembangunan turap sungai dan sabodam penyaringan lahar dingin areal sawah lebih kurang 250 hektare.
 
Sekretaris Daerah Kabupaten Kerinci Zainal Effendi mengakui pihaknya sudah menerima informasi itu dari pemerintah desa dan warga Sungai Rumpun.
 
Selanjutnya Pemkab Kerinci menginstruksikan dinas terkait untuk melakukan pengecekan ke lapangan serta melakukan koordinasi terkait apa saja yang akan dilakukan. (Ant/OL-16)
 
 

Baca Juga

DOK.MI

Polisi Tangkap Pembuat Aplikasi Pembobol Rekening di Sulsel

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 23:12 WIB
Pelaku diketahui berstatus mahasiswa, usia 20 tahun asal Kabupaten Pinrang, Sulsel. IA membuat aplikasi tersebut lalu...
DOK.MI

Masyarakat Diminta Waspada Gelombang Empat Meter di Perairan Talaud

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 23:02 WIB
Warga diharapkan berhati-hati bila melakukan aktivitas di perairan dengan tinggi gelombang tertentu karena bisa membahayakan keselamatan...
Dok. BSKDN Kemendagri

BSKDN Minta Sulawesi Selatan Jadi Barometer Kemajuan Inovasi di Indonesia Timur

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 22:39 WIB
Lebih lanjut Yusharto menjelaskan, berdasarkan variabel ukur IID Provinsi Sulsel telah mengalami peningkatan pada 2022 dihampir semua...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya