Selasa 17 Januari 2023, 14:38 WIB

Umat Tri Dharma Gotong Royong Bersihkan Klenteng di Purwokerto

Tosiani | Nusantara
Umat Tri Dharma Gotong Royong Bersihkan Klenteng di Purwokerto

MI/Tosiani
Bangunan dan ruangan Klenteng Hok Tek Bio Purwokerto, dibersihkan untuk menyambut Imlek, Selasa (17/1/2023).

 

MENJELANG Perayaan Tahun Baru Imlek sejumlah Umat Tri Dharma membersihkan perlengkapan altar dan seluruh bagian Klenteng Hok Tek Bio Purwokerto, Jawa Tengah. Proses pembersihan diperkirakan memakan waktu hingga sepekan sebelum pergantian tahun pada 22 Januari mendatang.

Candra,68, salah seorang pegawai Klenteng Hok Tek Bio Purwokerto, menjelaskan, pembersihan meliputi seluruh ruangan, bangunan dan perlengkapan altar. Pembersihan ini melibatkan puluhan umat secara bergantian.

"Ini karena waktunya sudah mepet jadi dikebut. Kami sampai lembur hingga dini hari," tutur Candra, Selasa (17/1/2023).

Bagian depan klenteng dan beberapa bagian dalam dilakukan pengecatan ulang. Bagian atap juga dibenahi. Perlengkapan altar seperti tempat lilin dibersihkan dari sisa lilin yang menempel dengan menggunakan obeng dan kuas. Kemudian bekas dupa untuk sembahyang disaring, lalu bagian yang bersih diletakan kembali di altar dan bagian yang kotor dibuang.

Pengurus Klenteng Hok Tek Bio Purwokerto, Maryati menerangkan, proses persiapan menyambut Imlek sudah dilakukan sejak Sabtu (14/1) pekan lalu dengan ritual mengantar dewa dapur terbang ke langit guna melaporkan perilaku, perbuatan para umat selama setahun.

Berlanjut Minggu (15/1) dengan membersihkan Kieemsin atau rupang atau obyek pemujaan di Klenteng yang jumlahnya mencapai 25.

Adapun pembersihan ruangan dan perlengkapan altar di Klenteng, kata Maryati, sudah dilakukan sejak Senin (16/1). Kegiatan pembersihan ditarget selesai pada Sabtu (21/1) mendatang, tepat sebelum sembahyang menyambut pergantian tahun bari Imlek. Pembersihan memakan waktu lama karena sangat banyak yang harus dibenahi dan dibersihkan.

"Acara utama adalah sembahyang untuk menyampaikan rasa syukur dilaksanakan pada Sabtu (21/1) pukul 23.00 wib hingga Minggu (22/1) tepat saat pergantian tahun baru Imlek,"katanya. (OL-13)

Baca Juga: Komunitas Nelayan Pesisir Jatim Gelar Aksi Sosial di Sumenep

Baca Juga

ANTARA

PLN Putus Sambungan Listrik Kantor Bupati Kepulauan Tanimbar

👤Widhoroso 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:57 WIB
PLN unit layanan pelanggan (ULP) Saumlaki, Maluklu melakukan pemutusan jaringan listrik yang mengaliri kantor bupati Kepulauan Tanimbar,...
Ist

Relawan Puan Sosialisasikan Kelor sebagai Pencegah Stunting di Sukabumi

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:49 WIB
Kegiatan melawan stunting di Desa Pabuaran diadakan berkat kerja sama HaloPuan dengan kader PDI Perjuangan sekaligus Anggota DPRD Kabupaten...
DOK MI.

Polres Padang Panjang Tetapkan Sopir Truk Tersangka Kecelakaan Beruntun

👤Gusri Elfaishal 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:48 WIB
Satu hari pascakecelakaan beruntun yang menewaskan tiga pengendara, Kepolisian Resort Padang Panjang menetapkan Novriaggani, 47, sebagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya