Minggu 15 Januari 2023, 20:12 WIB

BPBD Minta Warga Jauhi Dua Kawah di Dieng

Lilik Darmawan | Nusantara
BPBD Minta Warga Jauhi Dua Kawah di Dieng

ANTARA FOTO/ANIS EFIZUDIN
Kawah Sileri

 

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), menerjunkan tim untuk melakukan pemantauan Kawah Sileri di kawasan dataran tinggi Dieng. Masyarakat diminta tidak mendekati kawah pada radius 1 kilometer (km) dari kawah.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Banjarnegara Andri Sulistyo mengatakan pihaknya telah menerjunkan tim untuk melakukan pemantauan sejumlah kawah.

"Berdasarkan rekomendasi PVMBG, masyarakat dan wisatawan diimbau tidak mendekati Kawah Sileri pada jarak 1 km dari kawah. Namun demikian, kami minta masyarakat tetap tenang," ujarnya pada Minggu (15/1).

Selain itu, lanjut Andri, masyarakat juga diminta untuk tidak melakukan aktivitas di Kawah Timbang.

"Masyarakat agar waspada jika melakukan penggalian tanah di sekitar Kawah Timbang karena dapat berpotensi terpapar gas CO2 yang berbahaya bagi kehidupan," ungkapnya.

Kawah Timbang berada di bekas Desa Kepucukan Batur yang dihapus dari peta Kabupaten Banjarnegara pascabencana gas beracun menyusul meletusnya Kawah Sinila di kawasan tersbut dengan korban 149 tewas pada 1979.

Baca juga: Status Dieng Naik, Masyarakat dan Wisatawan Diminta Lebih Waspada

Dia meminta masyarakat dan wisatawan untuk waspada dan tidak mendekat ke kawah-kawah. Karena ada potensi erupsi freatik berupa semburan lumpur atau lontaran material dan konsentrasi gas vulkanik yang tinggi dan berbahaya bagi kehidupan.

Sebelumnya, PVMBG menaikkan status Gunung Dieng menjadi Waspada. Status baru tingkat aktivitas gunung berapi ini berlaku sejak pukul 23.00 WIB, 13 Januari 2023.

Dalam pengumumannya, PVMBG menyatakan berdasarkan hasil evaluasi secara menyeluruh maka tingkat aktivitas Gunung Dieng dinaikan dari Level I (Normal) menjadi Level II (Waspada) terhitung sejak 13 Januari 2023 pukul 23.00 WIB dengan rekomendasi yang disesuaikan dengan potensi ancaman bahaya terkini.(OL-5)

Baca Juga

dok.Pemkot Tegal

Pelabuhan Perikanan Tegalsari Kota Tegal Kapan Dibangun? ini kata Jumadi

👤Supardji Rasban 🕔Jumat 27 Januari 2023, 11:35 WIB
WAKIL Wali Kota Tegal, M. Jumadi sebut bila tidak ada rintangan, September-Desember 2023 sudah ada kepastian pendanaan pembangunan...
ANTARAFOTO/ Basri Marzuki

Sepuluh Penerbangan dari Sam Ratulangi Ditunda

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 10:38 WIB
Hujan disertai angin kencang yang menerjang sejumlah wilayah di Kota Manado dan sekitarnya berdampak terhadap penerbangan di Bandara...
ANTARA FOTO/Aji Styawan

Rob Landa Kawasan Pesisir Kabupaten Tanah Laut

👤Denny Susanto 🕔Jumat 27 Januari 2023, 09:06 WIB
Sejak beberapa pekan terakhir cuaca buruk berupa hujan deras disertai angin kencang melanda sebagian besar wilayah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya