Jumat 06 Januari 2023, 19:36 WIB

Program Bantuan Listrik Gratis dari Ganjar Pranowo Bantu Majukan Usaha Warga

Haryanto | Nusantara
Program Bantuan Listrik Gratis dari Ganjar Pranowo Bantu Majukan Usaha Warga

dok.Pemprov Jateng
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengecek warga yang mendapatkan sambungan listrik gratis, di Semarang, Kamis (5/1/2023)

 

SEJAK digulirkan pertama kali sejak tahun 2019 lalu, program pemasangan listrik gratis yang diinisiasi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menargetkan 15 ribu penerima setiap tahunnya. Hingga tahun 2021, program ini telah berhasil memasang 55 ribu sambungan listrik gratis dan masih akan terus berlanjut di tahun 2023 ini.

Salah satu penerima bantuan listrik gratis yang juga pelaku UMKM sangkar burung di Desa Tanjungrejo RT 2 RW 1, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo bernama Pambudi, mengutarakan kebahagiaannya setelah usahanya mendapat bantuan listrik gratis dari Ganjar.

Pria berusia 37 tahun itu, adalah salah satu penyandang disabilitas akibat kecelakaan kerja yang dialaminya pada tahun 2010 silam saat masih bekerja sebagai tukang bangunan. Tubuhnya tertimpa tembok rumah yang sedang dikerjakan. Pambudi pun mengalami lumpuh dan harus beraktivitas di atas kursi roda.

Kejadian tersebut sempat membuat Pambudi putus asa. Namun, kondisi perekonomian keluarganya yang masih sulit memantik Pambudi untuk tidak menyerah dan terus bangkit, hingga akhirnya memutuskan untuk memulai usaha sangkar burung.

"Awalnya saya modalnya modal nekat, terus akhirnya dengan keuletan kemudian dengan niat. Intinya malu sama teman, karena kalau teman datang ke sini pada kasih uang. Akhirnya pikiran saya terbuka, ingin buat usaha sangkar burung," ujar Pambudi saat ditemui di rumahnya.

Semangat Pambudi dalam mengembangkan usahanya pun semakin menjadi-jadi, setelah ia dan keluarganya terdaftar sebagai salah satu penerima bantuan listrik gratis dari Ganjar pada tahun 2022.

Usahanya dalam membuat sangkar burung memang membutuhkan aliran listrik untuk pengoperasian alat kerjanya, seperti bor, kompresor dan gerinda. Dengan adanya bantuan listrik gratis tersebut, ia pun merasa sangat terbantu.

Baca Juga: RI Makassar-590 Tiba di Karimun Jawa, Pertamina Segera Distribusikan BBM

"Tahun 2022 dapat bantuan listrik gratis dari Pak Ganjar Pranowo. Alhamdulillah itu membantu saya membuat sangkar burung, untuk usaha macam-macam lah. Ya sangkar burung, ya pipa rokok. Alhamdulillah bisa membantu saya usaha lah berkat bantuan dari Pak Ganjar ini," ucap Pambudi.

Ia mengungkapkan, sebelum mendapat bantuan listrik gratis dari Ganjar, keluarganya terbebani oleh biaya listrik bulanan yang harus dibayarkan. Pambudi juga harus menyambungkan aliran listrik dari tempat yang cukup jauh dari rumahnya untuk mengoperasikan alat kerjanya.

Kini berkat kemudahan akses listrik gratis, UMKM sangkar burung Pambudi semakin berkembang dan dikenal oleh masyarakat luas. Pesanan pun tidak hanya datang dari Kabupaten Sukoharjo saja, tetapi sudah mencakup seluruh wilayah Jawa Tengah.

Sangkar burung buatan Pambudi pun dijual dengan harga yang terhitung murah untuk kualitas apik yang dibuat dari kayu jati, yakni pada kisaran Rp200 ribu hingga Rp250 ribu untuk satu buah sangkar burung.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Ganjar yang sudah membantu listrik gratis di tahun 2022. Alhamdulillah mempermudah usaha saya, daripada saya harus bayar bulanan gitu kan. Pokoknya sangat bermanfaat untuk usaha saya," tutur Pambudi.

Sementara itu, Bambang Pamungkas selaku Kasubag Dinas ESDM Kabupaten Sukoharjo memaparkan, program bantuan listrik gratis Pemprov Jawa Tengah hingga akhir tahun 2021 telah berhasil mengaliri rumah 3.259 KK. Program ini pun terus berlanjut di tahun berikutnya dengan menyasar 1.000 KK untuk Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Wonogiri.

"Sejak tahun 2012 sampai dengan tahun 2021, (listrik gratis) sudah terpasang di 3.259 KK. Sedangkan tahun 2022, kita targetkan listrik gratis kepada 1.000 KK untuk Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Sukoharjo dan sudah berjalan," papar Bambang.

Bambang menjelaskan, masyarakat yang diprioritaskan untuk mendapat bantuan listrik gratis adalah yang masuk kategori miskin dan telah tercatat pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah.

"Yang utama bantuan listrik gratis ini diberikan untuk warga yang masuk data terpadu kesejahteraan sosial atau DTKS dari dinsos. Yang kedua untuk warga yang memang rumahnya belum teraliri listrik," kata Bambang. (OL-13)

Baca Juga

Ist/BPJS Ketenagakerjaan

Dukung Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Kabupaten Sijunjung Raih Penghargaan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 12:14 WIB
Pemerintah Kabupaten Sijunjung, Sumbar, mendaftarkan pekerja rentan dan non-ASN di wilayahnya ke dalam perlindungan jaminan sosial...
MI/HO

PMII Ciputat Gelar Aksi Bersih di Perayaan 1 Abad NU

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 12:14 WIB
Ali menambahkan, ide Aksi Jagat Bersih juga diambil dari slogan NU Satu Abad Merawat...
MI/Alexander P Taum

HPN 2023: Pers Dibutuhkan Menyebarluaskan Potensi Lembata

👤Alexander P. Taum 🕔Kamis 09 Februari 2023, 12:10 WIB
HARI Pers Nasional yang diperingati setiap tanggal 9 Februari 2023, menjadi momentum menata hubungan kemitraan antara Pemerintah Kabupaten...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya