Selasa 03 Januari 2023, 19:24 WIB

PPKM Dicabut, Pemprov Sumsel Minta Warga Tetap Patuhi Prokes

Dwi Apriani | Nusantara
PPKM Dicabut, Pemprov Sumsel Minta Warga Tetap Patuhi Prokes

ANTARA
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) meminta masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) meski pemerintah telah mencabut aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya mengimbau masyarakat  untuk tidak lengah dan tetap waspada meski pemerintah sudah mencabut status PPKM. "Aktivitas masyarakat diperbolehkan berjalan. Tapi ada ketentuan prokes yang tetap dijaga agar ekonomi kita bisa pulih," jelasnya, Selasa (3/1).

Ia menuturkan sesuai arahan pusat bahwa masyarakat dituntut kesadarannya agar tetap menjaga prokes dimanapun berada. Baik di luar ruangan ataupun ditempat umum. "Kami juga minta agar rumah sakit atau fasilitas kesehatan agar tetap bersinergi dengan mitra karena Covid-19 belum sepenuhnya hilang," jelasnya.

Menurutnya, dicabutnya status PPKM ini dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Yakni situasi pandemi Covid-19 yang terkendali, tingkat imunitas yang tinggi di masyarakat, kesiapan kapasitas kesehatan yang lebih baik dan pemulihan ekonomi yang berjalan cepat.

Diakuinya, daerah tetap harus bisa memonitoring terhadap kasus baru agar harus tetap dilaksanakan dan vaksinasi booster harus tetap didorong. Tak hanya menghadapi Covid-19 saja, masyarakat juga diperlukan perannya dalam menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga seperti influenza, DBD dan sebagainya.

"Jadi memang pencabutan status PPKM ini jangan diartikan oleh masyarakat dengan terlalu euforia namun tetap harus menjaga prokes. Tetap pakai masker, rajin cuci tangan dan jaga jarak. Kalau tidak enak badan, harus segera tes dan jika positif bisa isolasi di rumah dan lakukan vaksinasi hingga booster," pungkasnya. (OL-15)
 

Baca Juga

DOK.MI

Situasi Polres Malinau Kaltara Kondusif Usai Dirusak Massa

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:20 WIB
Peristiwa ini berawal dari tertembaknya korban LH oleh Brigadir W dari Tim Intel Resmob Kompi 4 Yon A Pelopor Polda...
ANTARA/Istafan Najmi

BKSDA Teliti Perilaku Harimau Sumatra Serang Warga di Aceh Selatan

👤Amiruddin Abdullah 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:05 WIB
Sampel darah harimau tersebut akan dikirim ke Laboratorium PSSP Bogor untuk pemeriksaan canine distemper...
ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo

Kirab Barongsai dan Liong Meriahkan Cap Go Meh di Denpasar

👤Ruta Suryana 🕔Minggu 05 Februari 2023, 22:40 WIB
Kirab barongsai dan liong tidak hanya melibatkan warga keturunan Tionghoa dan umat di klenteng, tetapi juga masyarakat Hindu Bali dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya