Jumat 30 Desember 2022, 17:01 WIB

Puluhan Rumah di Kolaka Utara Rusak Diterjang Angin Kencang

Rahmat Rullah | Nusantara
Puluhan Rumah di Kolaka Utara Rusak Diterjang Angin Kencang

MI/Rahmat
Sebanyak 22 rumah di Kecamatan Pakue, Kabupaten Kalaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara, hancur oleh angin kencang, Jumat (30/12).

 

SEBANYAK 22 unit rumah di dua Desa Kecamatan Pakue, Kabupaten Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara, rusak akibat dihantam angin kencang.

Menanggapi hal ini, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kolaka Utara, Andi Faisal membeberkan kejadian tersebut terjadi pada Jumat (30/12) dini hari sekitar pukul 01.00 Wita.

"Angin kencang yang menghantam dua desa di Kecamatan Pakue yakni Desa Sipakainge dan Desa Kosali. Setelah kejadian tersebut anggota langsung melakukan pengecekan dan mendata baik rumah yang rusak maupun korban yang mengungsi," katanya saat dihubungi via WhatsApp, Jumat.

Ia melanjutkan, berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kolut, ada 11 unit rumah rusak berat yakni 5 unit di Desa Sipakainge dan 6 unit di Desa Kosali.

Selanjutnya, sebanyak 11 rumah rusak ringan di antaranya 7 unit di Desa Sipakainge dan 4 unit di Desa Kosali.

"Akibat dari peristiwa itu 70 jiwa warga terkena dampak dan 25 jiwa yang sudah mengungsi sementara di rumah keluarga dan ditaksir kerugian yang dialami oleh para korban angin kencang tersebut diperkirakan ratusan juta rupiah dan tidak ada korban jiwa," jelas Andi.


Baca juga: Cuaca Ekstrem di Cianjur, Pembangunan Huntap Tetap Berjalan


Ia menjelaskan, sampai hari ini BPBD Kolut turun di lokasi dan membantu warga sambil menunggu bantuan karena sudah koordinasi ke Dinas Perumahan dan Dinas Sosial Kabupaten Kolaka Utara sambil menunggu surat kejadian bencana dari dua desa tersebut.

Di tempat terpisah, Kepala Desa Sipakainge, Sabir, saat dimintai konfirmasi mengatakan, anggota BPBD sudah ada di lokasi.

"Karena begitu bencana terjadi saya langsung melaporkan ke BPBD walaupun sedikit kendala karena lama baru tembus diakibatkan padam lampu dan jaringan tidak bagus. Pagi ini pun pihak BPBD sudah standby di lokasi dan kami serta pihak Polsek Pakue dan Danramil Pakue sudah mengecek langsung untuk mendata identitas para korban untuk diinput ke form lalu dibuatkan surat kejadian bencana ditujukan ke Dinas Perumahan dan Dinas Sosial untuk mendapatkan bantuan," singkatnya. (OL-16)

 

Baca Juga

ANTARA

PLN Putus Sambungan Listrik Kantor Bupati Kepulauan Tanimbar

👤Widhoroso 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:57 WIB
PLN unit layanan pelanggan (ULP) Saumlaki, Maluklu melakukan pemutusan jaringan listrik yang mengaliri kantor bupati Kepulauan Tanimbar,...
Ist

Relawan Puan Sosialisasikan Kelor sebagai Pencegah Stunting di Sukabumi

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:49 WIB
Kegiatan melawan stunting di Desa Pabuaran diadakan berkat kerja sama HaloPuan dengan kader PDI Perjuangan sekaligus Anggota DPRD Kabupaten...
DOK MI.

Polres Padang Panjang Tetapkan Sopir Truk Tersangka Kecelakaan Beruntun

👤Gusri Elfaishal 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:48 WIB
Satu hari pascakecelakaan beruntun yang menewaskan tiga pengendara, Kepolisian Resort Padang Panjang menetapkan Novriaggani, 47, sebagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya