Kamis 29 Desember 2022, 17:10 WIB

Di 2022 Tercatat 16 Polisi di Babel Dipecat, Terbanyak Karena Narkoba

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Di 2022 Tercatat 16 Polisi di Babel Dipecat, Terbanyak Karena Narkoba

MI/Rendy Ferdiansyah
Kapolda Bangka Belitung, Irjen Yan Sultra, dalam keterangan pers Kinerja Polda Babel 2022 di Mapolda Babel, Kamis (29/12/2022)

 

SELAMA tahun 2022, Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung (Babel) tercatat 16 anggotanya diberhentikan dengan tidak hormat (PTDH) atau dipecat. Jumlah ini meningkat dibanding tahun lalu.

"Tahun 2021 ada 9 anggota yang di PTDH atau dipecat," kata Kapolda Bangka Belitung, Irjen Yan Sultra, di Mapolda Babel, Kamis (29/12/2022)

Ia menegaskan dirinya tidak segan-segan memecat anggota yang memang tidak bisa dibina lagi. Upaya melalui penegakan disiplin dan kode etik profesi kepolisian sudah dilakukan diingatkan, dibina, dan direhabilitasi.

"Di tahun 2022 ada 16 anggota kita pecat yang PTDH, disersi 5 orang, narkoba 9 orang, zina dan selingkuh 2 orang," kata Yan.

Namun demikian, kata dia, kasus pemecatan ini bukan hanya terjadi di 2022 saja, melainkan ada kasus di tahun 2021 yang belum tuntas prosesnya. Dikarenakan ia menginginkan proses yang belum tuntas untuk segera dituntaskan.

"Kasus ini bukan terjadi di 2022, ada juga kasus ini juga terjadi di 2021, hanya saya dengan tegas harus cepat dituntaskan sehingga di 2022 ini cukup banyak," ujarnya.

Ia meminta anggota yang indisipliner atau lainnya yang belum tuntas, harus segera dituntaskan. Agar jangan sampai anggota yang melakukan kesalahan ini menjadi contoh bagi anggota lainnya.

"Saya prinsipnya, mana yang bisa dituntaskan, tuntaskan. Jangan sampai jadi contoh bagi anggota yang lain. Jangan kaget 2022 itu baik disiplin, kode etik cukup banyak, kita pecat cukup banyak. Lebih baik kita pecat jika tidak bisa lagi di kepolisian, daripada pada kita pelihara contoh bagi yang lain,"imbuhnya.

Ia menambahkan, institusi Polri adalah milik semua, bukan hanya yang berpangkat tinggi saja atau jabatan tinggi, tetapi paling terendah pun.

"Kita harus merasakan satu berbuat semua merasakan, satu berbuat berdampak pasti berdampak bagi institusi. Jadi kita harus tegas menjaga institusi ini," ucap dia. (OL-13)

Baca Juga: Wahyu Budi Resmi Gantikan Solichin Jadi Karutan IIB Larantuka

 

Baca Juga

Mi/Agus Utantoro

DPW Partai NasDem DIY Gelar Silaturahmi Dengan Relawan Pemenangan Anies

👤Agus Utantoro 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 20:05 WIB
DEWAN Pimpinan Wilayah Partai NasDem DIY menggelar silaturahmi dengan belasan kelompok relawan pemenangan Anies Baswedan, Sabtu...
DOK MI

Polisi Periksa Delapan Saksi Terkait Dugaan Pelecehan Seksual Balita Di NTT

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 19:29 WIB
POLRES Manggarai Timur, NTT telah meminta keterangan delapan orang saksi terkait laporan dugaan kasus pelecehan seksual terhadap seorang...
Dok MI

Marudut Peringatkan Jangan Sebar Isu Hoaks Kasus Hanifah Husein

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 18:47 WIB
Marudut menegaskan bahwa pihaknya telah memastikan MAKI tidak memiliki cabang di Sumatera...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya