Rabu 23 November 2022, 08:25 WIB

PLN Sudah Pulihkan 100% Kelistrikan Terdampak Gempa Cianjur

Insi Nantika Jelita | Nusantara
PLN Sudah Pulihkan 100% Kelistrikan Terdampak Gempa Cianjur

dok.Ant
Petugas PLN sedang memeriksa jaringan untuk memulihkan suplai listrik di daerah terdampak bencana gempa Cianjur.

 

PT PLN (Persero) sudah memulihkan 100% sistem kelistrikan yang terdampak gempa di Cianjur, Jawa Barat. Pada Selasa, (22/11), pukul 23.05 WIB, 1.844 gardu distribusi dan 21 penyulang yang sebelumnya mengalami gangguan telah berhasil beroperasi.

Pasokan listrik ke 326.028 pelanggan telah kembali normal. Sebelumnya gempa berkekuatan magnitudo 5,6 mengguncang Cianjur dan sekitarnya pada Senin (21/11) lalu dan berdampak pada sistem kelistrikan setempat.

“Dengan kolaborasi berbagai pihak, kurang dari 34 jam kita berhasil menyalurkan listrik kembali kepada seluruh masyarakat," ujar Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam keterangannya, Rabu (23/11).

Ratusan petugas PLN dikerahkan untuk segera memulihkan kembali sistem kelistrikan Cianjur yang mengalami padam karena terdampak gempa. Fasilitas umum seperti rumah sakit, jalan raya, balai desa sampai posko-posko relawan berhasil dipulihkan dan menyala kembali.

Direktur Distribusi PLN Adi Priyanto menyampaikan dalam proses pemulihan terdapat banyak kendala di lapangan. Ada beberapa daerah yang gardunya roboh dan aksesnya tertutup longsor akibat gempa.

"Dengan mengerahkan alat berat, akhirnya aksesnya bisa segera dilalui dan tim gabungan segera memperbaiki jaringan listriknya," ucapnya.

Untuk meringankan korban gempa, PLN turut mendirikan tenda darurat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cianjur guna menampung pasien dan warga yang rumahnya mengalami kerusakan.

Perusahaan pelat merah itu melalui Yayasan Baitul Maal PLN (YBM PLN) membangun dapur umum bagi warga terdampak juga dirasakan langsung oleh warga. Sebanyak 1.500 paket makanan didistribusikan kepada warga.

Selain itu puluhan tenaga medis dan tenaga logistik juga turun langsung untuk memberikan pengobatan dan bantuan secara langsung. Dua unit mobil ambulans dan satu mobil rescue juga dikerahkan untuk terus bergerak dalam membantu logistik dan pemulihan pasca bencana.

PLN mengimbau, bagi masyarakat yang memerlukan informasi mengenai kelistrikan dan menyampaikan pengaduan dapat mengakses aplikasi PLN Mobile. (OL-13)

Baca Juga: Siang Ini, Ruas Cianjur-Cipanas Buka Kembali Pascalongsor

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Tiga Jenazah Ditemukan Terdampar di Pantai Lelendo Kupang

👤Palce Amalo 🕔Minggu 27 November 2022, 08:01 WIB
WARGA menemukan tiga jenazah terdampar di Pantai Tanjung Lelendo, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Minggu...
dok.ist

Berdayakan Perempuan Sulsel Srikandi Ganjar Sulsel Gelar Creative Competition

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 07:01 WIB
ANTUSIAS perempuan muda di Sulawesi Selatan (Sulsel) mengikuti kegiatan Srikandi Creative Competition di Misi Depo Bangunan, Kabupaten...
DOK.MI

Gempa Dangkal Guncang Kabupaten Bombana Sultra

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 November 2022, 23:40 WIB
Gempa dangkal kedalaman 7 kilometer mengguncang wilayah Kecamatan Rarowatu, Kabupaten Bombana di Sulawesi Tenggara, Sabtu (26/11) pukul...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya