Senin 21 November 2022, 11:15 WIB

SMBR Serahkan Bantuan Motor Sampah Hingga Perbaikan Gizi Buruk

Dwi Apriani | Nusantara
SMBR Serahkan Bantuan Motor Sampah Hingga Perbaikan Gizi Buruk

MI/Dwi Apriani
Pemberian bantuan motor sampah dilakukan langsung oleh Direktur Utama PT Semen Baturaja (Persero) Tbk Daconi Khotob kepada Sekda OKU Ahmad T

 

BERBAGAI bantuan corporate social responsibility (CSR) sudah diberikan PT Semen Baturaja (Persero) TBK atau SMBR kepada Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu. Hal itu sebagai bentuk tanggungjawab perusahaan kepada daerah yang menjadi lokasi pusat industri semen tersebut.

Mulai dari bantuan motor sampah, perbaikan atau revitalisasi Jembatan Ogan I Baturaja, bahkan hingga bantuan perbaikan gizi buruk di daerah tersebut. "Bantuan ini sebagai bagian dari HUT PT Semen Baturaja," ujar Direktur Utama PT Semen Baturaja (Persero) Tbk Daconi Khotob, kemarin.

Dijelaskannya, bantuan motor sampah dapat digunakan untuk pengangkutan sampah rumah tangga yang tidak bisa dijangkau oleh kendaraan Dump Truck sampah, sehingga kebersihan lingkungan di wilayah Ogan Komering Ulu tetap terjaga.

Sementara untuk bantuan revitalisasi Jembatan Ogan I di Pusat Kota Baturaja menjadi fokus utama SMBR tahun ini. Sebab, Jembatan Ogan I ini merupakan icon penting dan bersejarah bagi Kota Baturaja yang juga menjadi logo pemerintah Kabupaten OKU yang melintas di atas Sungai Ogan.

"Jembatan ini dibangun pada masa Kolonial Belanda dan masih berfungsi dengan baik hingga saat ini. Bantuan CSR ini bertujuan untuk membantu kemajuan daerah dan pemberdayaan sosial. Kami memberikan dukungan riil terhadap rencana penataan kawasan perkotaan Baturaja agar tetap sesuai
dengan peraturan perundangan dan tidak bertentangan dengan ketentuan yang berlaku dan sesuai dengan kebijakan perusahaan," ucapnya.

Dijelaskan Daconi, pihaknya memiliki strategi keberlanjutan untuk memberikan manfaat positif bagi negeri terutama di bidang ekonomi, sosial dan lingkungan. Perseroan memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten OKU dan Pemerintah Kota Baturaja juga masyarakat Ring I juga telah terjalin dengan baik. “CSR SMBR terus berjalan, baik di Baturaja, Palembang maupun Lampung. "Saat ini kami selalu menjalankan tanggung jawab sosial sesuai dengan peraturan yang ada," ujar Daconi.

Ia menyebut, program yang telah berjalan tidak hanya pemberian bantuan, namun juga ada kegiatan pelatihan yang dilakukan bersama dengan Rumah BUMN Baturaja untuk meningkatkan produktivitas dan tingkat jual produk UMK, dengan meningkatkan keterampilan masyarakat.

Adapun kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain pembinaan UMK Naik Kelas dengan Pelatihan Roasting Coffee, Program Bimbingan Teknis Sertifikasi Halal, Pelatihan Foto Produk, dan lain sebagainya.

CSR Semen Baturaja juga memiliki program Tanggap Bencana, untuk meringankan beban warga yang tertimpa musibah. Perseroan juga peduli terhadap peningkatan kesehatan masyarakat melalui dukungan kegiatan Posyandu di Kota Palembang. Kegiatan ini dilakukan secara rutin untuk menanggulangi gizi buruk anak.

"CSR Semen Baturaja akan terus mengembangkan dan mensejahterakan masyarakat sekitar sebagai tanggung jawab sosial kita sebagai perusahaan BUMN di wilayah Sumbagsel," jelasnya.

Sementara itu, Sekda OKU Ahmad Tarmizi mengatakan pihaknya berterimakasih kepada SMBR yang selalu berupaya membantu pemda untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat di OKU. "Kami berharap bantuan seperti ini dapat terus berlanjut dan menjadi manfaat besar bagi masyarakat di OKU," pungkasnya. (OL-13)

 

Baca Juga

Dok. Astra Financial

Didukung Astra Financial, Singkawang dan Sambas Resmikan Mahligai Pesisir

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 16:02 WIB
Pembangunan gerbang pembatas yang diresmikan oleh Pemkab Singkawang dan Pemkab Sambas, mendapat dukungan dari Astra...
MI/Panji Arimurti

Serunya Aksi 1.000 Penari Jaran Kepang di Temanggung

👤Panji Arimurti 🕔Minggu 27 November 2022, 15:19 WIB
Jaran Kepang merupakan kesenian tradisional khas Jawa Tengah. Diketahui, populasi penari Jaran Kepang sangat banyak di desa, termasuk...
Antara

Kemenkes Targetkan 1,2 Juta Anak di Aceh Dapat Vaksin Polio 

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 27 November 2022, 15:08 WIB
Hingga saat ini, sudah ditemukan tiga kasus polio anak di Aceh. Pada Senin (28/11) besok, Kemenkes menargetkan imunisasi polio...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya