Senin 07 November 2022, 16:50 WIB

Rekomendasi Wisata di Batu Jawa Timur

Meilani Teniwut | Nusantara
Rekomendasi Wisata di Batu Jawa Timur

Antara/Ari Bowo Sucipto.
Wahana wisata Jatim Park 3.

 


MENGUNJUNGI tempat wisata merupakan salah satu upaya melepas penat dan menghilangkan lelah. Kota Malang, yang memang dijuluki sebagai surga wisata, memiliki banyak destinasi untuk berlibur.

Anda bisa mengunjungi rekomendasi tempat wisata di Batu Malang yang populer seperti wisata sejarah, alam, modern, keluarga, kuliner, dan lainnya. Nama Batu dan Malang sudah sering didengar sebagai tujuan wisata favorit. Lokasinya dekat dengan gunung membuat daerah tersebut sangat sejuk dan segar. 

Kota Batu sudah menjadi daerah otonom. Meskipun banyak orang sering menyebut Batu bagian dari Malang, wilayah ini memiliki keindahan tersendiri. Hal tersebut berdampak pada pengelolaan wisata yang lebih baik untuk turis dalam dan luar negeri.

Untuk menelusuri yang ada di Batu, beberapa tempat wisata berikut dapat dijadikan sebagai acuan. Selain itu, Anda mungkin menemukan tempat yang belum dikenal banyak orang.

Jatim Park 3

Mulai dari wisata yang masih terbilang baru, yaitu Jatim Park 3. Tempat wisata buatan Jatim Park Group ini resmi dibuka pada 2017. Tema taman dinosaurus menjadi spot utamanya. Dalam Dino Park, Anda akan dibawa ke zaman terdapat dinosaurus. Taman ini dilengkapi dengan area Dino Park nuansa Timur Tengah, Zaman Ice Age, dan masih banyak lagi lainnya.

Setelah puas dengan zaman purbakala, Anda bisa berkunjung ke wahana Fun Tech. Wahana satu ini akan mengajak Anda ke zaman modern. Di sini Anda dapat merasakan bermain gim futuristic dengan menggunakan teknologi terbaru seperti virtual reality. Jadi, seakan-akan Anda ikut bermain di dalam game tersebut. Tak hanya itu, masih banyak bagian dari Jatim Park 3 yang bisa Anda jelajahi dan nikmati keseruannya selama satu hari penuh.

Jatim Park 2

Masih tergabung dalam Jatim Park Group, ada juga Jatim Park 2. Jatim Park 2 menawarkan konsep modern zoo. Di dalamnya terdapat banyak koleksi hewan dari berbagai negara di dunia yang bisa Anda lihat.

Bukan hanya hewan yang masih ada saat ini, hewan purba yang telah punah pun bisa Anda jumpai di sini. Tak hanya liburan, Anda pun bisa mengajak anak-anak belajar banyak hal dari tempat wisata Jatim Park 2.

Jatim Park 1

Jatim Park 1 merupakan tempat wisata Malang yang sudah lama terdapat di Kota Batu dan menjadi wisata unggulan dari Jatim Park Group. Tempat wisata ini memang favorit bagi warga Kota Batu dan sekitarnya.

Hal itu terutama bagi pengunjung pelajar, karena di dalamnya selain terdapat berbagai permainan juga ada edukasinya. Anda bisa menemukan banyak anak sekolah yang melakukan studi wisata di Jatim Park 1.

Coban Talun

Berkunjung ke Kota Batu, belum lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Coban Talun. Wisata satu ini menghadirkan air terjun yang sangat indah. Suara gemericik air terjun dan udara sejuk menjadi hal yang bisa Anda dapatkan ketika berada di wisata ini. Anda pun bisa melakukan trekking dengan medan yang tidak terlalu sulit di sini.

Tidak hanya air terjun, Anda juga akan menemukan zona lain yang tersedia di sini, seperti taman bunga hingga wahana Apache yang diminati oleh wisatawan. Zona satu merupakan wahana yang mirip dengan kampung dan budaya dari Indian. Anda pun bisa menyewa aksesoris khas Indian dan berfoto di tempat tersebut.

Batu Night Spectacular (BNS)

Salah satu tempat wisata yang juga tergabung dalam Jatim Park Group, yaitu Batu Night Spectacular. Wisata ini menawarkan sensasi yang berbeda dari yang lain. Anda bisa menaiki wahana permainan, ditemani hawa dingin Kota Batu pada malam hari.

Beberapa wahana favorit pengunjung di antaranya rumah hantu, cinema 4D, dan sepeda udara. Tak hanya itu, di BNS juga terdapat taman lampion yang dijadikan sebagai spot foto dan merupakan ikon dari BNS.

Taman Langit

Taman Langit merupakan salah satu destinasi yang lokasinya berdekatan dengan Paralayang. Di sini, Anda bisa berfoto dengan banyak spot kekinian dan menarik. Latar belakang pegunungan dan udara yang segar pasti akan mampu untuk menyegarkan kembali pikiran Anda yang sedang penat.

Predator Fun Park

Objek wisata yang berada di Batu Malang di bawah Jatim Park Group lain, yaitu Predator Fun Park. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini mengusung tema predator terutama buaya. Anda bisa menemukan galeri buaya yang berisi berbagai jenis dan ukuran.

Tidak hanya buaya hidup, tetapi juga fosil buaya serta buaya yang telah diawetkan. Ditambah lagi, beberapa fasilitas yang disediakan di sini pun cukup lengkap seperti pasar wisata, mushola, food court, dan bike station.

Goa Pinus

Berada di daerah perbukitan membuat Anda akan disuguhkan panorama alam yang memukau saat berada di lokasi satu ini. Memasuki kawasan ini, Anda akan disambut dengan plang yang terbuat dari kayu. Sepanjang penjelajahan, Anda juga akan bisa menikmati indahnya pohon pinus yang berjejer di area ini.

Ada beberapa spot foto menarik yang bisa untuk Anda temukan. Contohnya saja seperti kawasan Papua yang mana Anda akan menemukan rumah Honai. Selain itu, ada spot foto yang cukup ikonik yakni perahu di Jurang. Di sini, Anda akan merasa bak di atas kapal dengan pemandangan alam yang luar biasa indahnya.

Museum Angkut

Masih berada di bawah naungan Jawa Timur Group, ada lagi wisata edukasi yang berada di Batu Malang yakni Museum Angkut. Museum ini memiliki lebih dari 300 koleksi mobil dan motor klasik yang ada di seluruh dunia.

Anda akan menemukan koleksi ini di area depan, saat pertama kali memasuki museum di zona hall utama. Ada juga zona Las Vegas yang menggambarkan kehidupan malam di Kota Las Vegas. Zona lain pun tak kalah menarik.

Paralayang Batu

Paralayang Batu menjadi destinasi selanjutnya yang tidak bisa Anda lewatkan begitu saja. Soalnya, wisata ini sangat cantik untuk dikunjungi, baik pagi maupun malam hari. Di sini, Anda akan disuguhkan dengan keindahan kota Batu. Apabila Anda datang saat malam hari, kerlap kerlip lampu kota dapat menjadi pemandangan menarik.

Sedangkan apabila datang ketika siang ataupun sore hari, Anda bisa untuk mencoba salah satu wahana yang menguras adrenalin yakni paralayang. Anda akan terjun dari ketinggian dengan menggunakan parasut dan bisa melihat indahnya kota Batu. Selain itu, udara sejuk yang ada di sini pun akan membuat Anda menjadi betah.

Eco Green Park

Eco Green Park merupakan wisata edukasi yang sangat cocok untuk wisata keluarga. Di destinasi wisata ini sedikitnya terdapat lebih dari 10 zona antara lain zona walking bird, zona music plaza, zona animal farm, zona duck kingdom, zona jungle adventure, zona world parrots, zona insectarium, dan zona rumah terbalik.

Ada juga zona memerah susu sapi. Di sini akan ditunjukkan demonya terhadap dua jenis sapi perah yang didatangkan langsung dari Australia.

Alun-Alun Kota Batu

Apabila Anda mencari tempat wisata yang ramah di kantong saat berada di kota Batu, Alun Alun Kota Batu adalah lokasi yang tepat. Hal ini karena Anda tidak perlu untuk membayar tiket masuk saat berada di sini. Anda hanya akan ditarik ongkos parkir kendaraan. ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di sini, mulai dari wisata kuliner dengan segala makanan khas kota Malang. 

Banyak jajanan yang bisa Anda beli dengan harga yang sangat murah di area ini. Selain itu, apabila ingin menikmati keindahan kota Batu dari ketinggian, Anda hanya perlu untuk naik bianglala yang telah tersedia di wisata satu ini.

Omah Kayu Paralayang

Omah Kayu Paralayang ialah salah satu objek wisata yang sangat ramai dikunjungi wisatawan. Pada destinasi ini, Anda bisa mendapatkan dua objek wisata sekaligus yaitu Omah Kayu dan Bukit Paralayang. Mengusung konsep back to nature, Omah Kayu meyediakan rumah pohon mini di atas pohon pinus. Kapasitas maksimal dari masing-masing rumah ini sebanyak tiga orang. Di depannya, terdapat bangku kayu yang bisa Anda gunakan untuk bersantai menikmati hawa sejuk perbukitan.

Sedangkan Bukit Paralayang merupakan salah satu spot yang berada di samping Omah Kayu. Di sini Anda dapat merasakan sensasi terbang menggunakan paralayang dengan didampingi oleh instruktur yang sudah ahli di bidangnya. Dijamin Anda akan ketagihan melihat indahnya Kota Batu sembari menaiki paralayang tersebut. Terdapat juga beberapa spot foto instagramable di destinasi wisata ini yang bisa Anda nikmati.

Taman Wisata Selecta

Bagi masyarakat asli Batu, mungkin Selecta menjadi tempat wisata yang sudah tidak asing lagi. Tempat wisata ini memang sudah ada sejak zaman Belanda dan tidak kalah ramai dikunjungi pengunjung.

Selecta kini sudah semakin membaik dengan banyaknya penambahan fasilitas di sana. Selain taman bunga yang indah, Anda juga bisa menikmati kereta gantung, flying fox, naik kuda, kolam renang, dan lain sebagainya.

Taman Ramah Lingkungan

Taman rekreasi dan edukasi ini bernuansa alam yang ramah lingkungan dan bebas polusi yang dikemas dengan konsep teknologi ekologi seperti tenaga surya, pengolahan susu, kompos, dan kerangka robot dari 1001 handphone. Tujuh wahana di Eco Green Park antara lain World of Parrot, Recycle, Rumah Terbalik, hingga Water Outbond.

Taman ekosistem terbesar di Indonesia ini dibuka setiap hari pukul 08.00-16.30 WIB dengan harga tiket reguler Rp50.000 dan harga tiket terusan Rp120.000-Rp150.000. Dengan tiket terusan tersebut, Anda mendapatkan akses ke beberapa wahana sekaligus. Fasilitas di sini sangat lengkap seperti foodcourt, mushola, e-bike, dan lain sebagainya.

Kusuma Agrowisata Batu

Saat membahas kota Malang dan Batu, apel ialah sesuatu yang muncul pertama kali. Apel menjadi komoditas agribisnis di wilayah ini. Selain produksi apel, beberapa tempat wisata juga menggunakan konsep agrowisata. Salah satunya Kusuma Agrowisata Batu.

Pengunjung bisa memetik apel langsung dari pohonnya. Selain itu, lokasi ini memiliki keindahan alam yang masih asri. Anda bisa mencoba produk lain dan kuliner yang berhubungan dengan apel.

Arung Jeram Kaliwatu

Anda suka arung jeram dan Kaliwatu ialah lokasi yang cocok untuk melakukan olahraga tersebut. Arung jeram di Kaliwatu menyediakan fasilitas untuk menjelajah sungai. Anda bisa melihat langsung kondisi sekitar.

Anda tidak perlu khawatir karena arung jeram di tempat ini sudah memiliki lisensi. Keamanan menjadi faktor utama. Pengunjung akan mendapatkan pelatihan singkat dan pengawasan dari instruktur berpengalaman.

Batu Ajaib

Batu Wonderland merupakan perpaduan antara hotel dan waterpark dengan berbagai wahana permainan air yang seru dan fasilitas yang lengkap. Di sini terdapat waterpark mini, hotel dan resort, pusat perbelan, hingga restoran.

Tempat wisata ini dibuka setiap hari pukul 09.00-17.00. Lokasinya sekitar 20 km dari Kota Malang dan dapat dicapai dengan kendaraan pribadi maupun umum. Harga tiket masuknya Rp10.000 (Senin-Sabtu) dan Rp30.000 (Minggu dan hari libur nasional).

Pasar Wisata Batu

Pasar wisata ini merupakan lumbung perekonomian masyarakat sekitar karena terdapat sejumlah warung tradisional. Penjualnya ialah masyarakat sekitar. Pasar Wisata Batu sementara hanya dibuka pada Minggu dan musim liburan seperti Natal dan Tahun Baru.

Dulunya kawasan pasar ini merupakan tempat pembuangan sampah tetapi kemudian disulap menjadi pasar wisata. Ada sekitar 30 warung yang berdiri di rerimbunan bambu yang menjulang tinggi. Pasar wisata ini dibuka sejak pagi hingga pukul 16.00.

Candi Songgoriti

Candi peninggalan di masa pemerintahan Mpu Sindok ini berada di lembah antara Gunung Kawi dan Arjuno. Candi Songgoriti ini dikenal juga dengan sebutan Candi Pertitan karena terdapat sumber mata air yang berada di bawah bangunan candi.

Berikut candi tertua di Jawa Timur dengan sumber air panasnya yang mencapai 47℃. Kabarnya, air panas yang mengandung zat besi, baja, dan yodium tersebut mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Wisata bersejarah ini dibuka setiap hari selama 24 jam tanpa biaya sama sekali.

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi yang bisa kalian gunakan untuk liburan nanti. Semoga bermanfaat. (OL-14)

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Tiga Jenazah Ditemukan Terdampar di Pantai Lelendo Kupang

👤Palce Amalo 🕔Minggu 27 November 2022, 08:01 WIB
WARGA menemukan tiga jenazah terdampar di Pantai Tanjung Lelendo, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Minggu...
dok.ist

Berdayakan Perempuan Sulsel Srikandi Ganjar Sulsel Gelar Creative Competition

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 07:01 WIB
ANTUSIAS perempuan muda di Sulawesi Selatan (Sulsel) mengikuti kegiatan Srikandi Creative Competition di Misi Depo Bangunan, Kabupaten...
DOK.MI

Gempa Dangkal Guncang Kabupaten Bombana Sultra

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 November 2022, 23:40 WIB
Gempa dangkal kedalaman 7 kilometer mengguncang wilayah Kecamatan Rarowatu, Kabupaten Bombana di Sulawesi Tenggara, Sabtu (26/11) pukul...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya