Rabu 02 November 2022, 23:55 WIB

Saatnya Membangun Ekosistem Kedelai

Media Indonesia | Nusantara
Saatnya Membangun Ekosistem Kedelai

Dok pribadi
H Ayep Zaki

 

ANGGOTA Bidang Pertanian, Peternakan, dan Kemandirian Desa Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem, H Ayep Zaki, meyakini gerakan perubahan restorasi Indonesia harus bisa diimplementasikan di berbagai sektor. Salah satunya bidang pertanian melalui peningkatan produktivitas dan kualitas pertanian Indonesia. 

"Dari sekian banyak agenda perubahan yang terus digaungkan Partai NasDem, satu agenda perubahan yang saya jalani adalah mengubah tata kelola budi daya kedelai agar Indonesia menjadi produsen kedelai kelas dunia," ungkap Ayep Zaki dalam keterangannya, Selasa (1/11). 

Meskipun demikian, Ayep mematok target di tahap awal tidak muluk-muluk. Setidaknya Indonesia bisa mengurangi impor kedelai yang hari ini produksi Indonesia tak kurang dari 2,5 juta ton per tahun. 

"Kebutuhan kedelai domestik ini sekitar tiga juta ton per tahun, impornya plus minus sekitar 2,5 juta kurang lebih, karena setiap tahunnya ada perubahan," tambah Ayep. 

Ayep bersama Ketua Bidang Pertanian, Peternakan, dan Kemandirian Desa DPP NasDem H Sulaeman L Hamzah dan Gubernur Akademi Bela Negara (ABN) NasDem IGK Manila, terus berupaya menggenjot produksi lokal melalui program satu juta hektare budidaya kedelai. 

"Setelah ini (impor) terkurangi maka target selanjutnya adalah swasembada kedelai. Tapi bukan lagi pada wilayah pemikiran dan gagasan, melainkan sudah implementasi. Mau berapa ton per hektare yang bisa kita hasilkan," tegas Ayep. 

Implementasi ataupun eksekusi program kedelai tersebut bahkan telah menyasar ke beberapa wilayah Indonesia seperti di Kabupaten Keerom, hingga ke Merauke, Papua dan Cianjur di Kecamatan Mande.

"Spot-spot ini adalah satu percontohan peningkatan kualitas dan peningkatan produktivitas kedelai. Inilah nilai perubahannya, meningkatnya kualitas dengan meningkatkan produktivitas," tambah dia. 

Ayep melanjutkan target tersebut bukan lagi pada tahap ujicoba karena menurutnya ujicoba sudah berhasil, tinggal sekarang membangun ekosistem kedelai tersebut. "Jadi inilah yang dimaksud dengan implementasi peningkatan kualitas dan peningkatan produktivitas budidaya kedelai dan inilah salah satu role model agenda perubahan," tandasnya. 

Ayep menambahkan ke depan juga akan ada komoditi-komoditi lain seperti jagung, padi, hingga kacang hijau. Bahkan hasil restorasi NasDem juga akan menyasar produksi buah-buahan dan lain sebagainya. (RO/O-2)

Baca Juga

dok.ist

Ikut Stabilisasi Harga Bapok di Aceh, UKM Sahabat Sandi Gelar Sembako Murah

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 November 2022, 17:52 WIB
RELAWAN UKM Sahabat Sandi ikut menstabilkan harga kebutuhan pokok yang saat ini mengalami lonjakan. Oleh sebab itu, kegiatan ini memberikan...
MGN/ Yuki Pramudya

Polisi: Satu Keluarga Tewas di Magelang akibat Diracun Anak Sendiri

👤Yuki Pramudya (MGN), Muklis Efendi (SB) 🕔Selasa 29 November 2022, 17:45 WIB
"Anak kedua korban diduga kuat sebagai pelaku yang meracuni keluarganya sendiri hingga ketiganya tewas,” ujar Dirreskrimum Polda...
ANTARA/Iggoy el Fitra

UMP Sumbar 2023 Naik 9,15 Persen

👤Yose Hendra 🕔Selasa 29 November 2022, 17:29 WIB
Jumlah ini sesuai dengan yang disepakati dalam rapat Dewan Pengupahan yang berlangsung 3 kali secara tripartit dengan unsur...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya