Kamis 27 Oktober 2022, 22:49 WIB

BPBD Sebut 26 Rumah di Aceh Utara Rusak Berat akibat Abrasi

mediaindonesia.com | Nusantara
BPBD Sebut 26 Rumah di Aceh Utara Rusak Berat akibat Abrasi

MI/Amiruddin A
Cuaca buruk di perairan Aceh Utara menyebabkan abrasi di Desa Lhok Puuk.

 

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Utara menyatakan sebanyak 26 rumah di daerah itu rusak berat akibat abrasi menyusul gelombang besar yang terjadi sejak beberapa hari terakhir
 
Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Aceh Utara Mulyadi di Aceh Utara, Kamis (27/10), mengatakan abrasi pantai yang merusak puluhan rumah warga tersebut terjadi di di Desa Lhok Puuk, Kecamatan Seunuddon.
   
"Sejauh ini tidak ada informasi korban akibat abrasi pantai tersebut. Kerusakan terjadi karena gelombang besar yang menghantam rumah warga," kata Mulyadi.   

Mulyadi menyebutkan tim BPBD dan pihak kecamatan sudah berada di lokasi mendata dampak bencana alam tersebut. Selain penanganan darurat, pihaknya juga melaporkan kondisi kerusakan kepada instansi terkait guna penanganan lebih lanjut.
 
"Tim di lapangan masih mendata jumlah warga yang terdampak abrasi pantai. Termasuk berapa kerugian akibat bencana alam tersebut. Sampai kini, rumah warga yang rusak sebanyak 26 unit," kata dia.
 
Kepala Desa Lhok Puuk Bakhtiar mengatakan abrasi pantai yang melanda daerahnya bukanlah kali pertama yang terjadi. Abrasi pantai tersebut sudah berulang kali terjadi dan mengancam pemukiman penduduk.
 
"Abrasi pantai ini bukan kali pertama. Kami juga sudah pernah melaporkan ke pemerintah daerah dan anggota dewan, namun hingga saat ini belum tindak lanjut," kata dia.
 
Bakhtiar mengatakan keluarga yang menghuni rumah rusak akibat abrasi tersebut saat mengungsi ke rumah kerabatnya. Abrasi ini juga menerjang kawasan wisata pantai yang dikelola masyarakat setempat.
 
"Kami berharap pemerintah daerah segera mencari solusi agar pesisir Desa Lhok Puuk mengalami abrasi berulang segera ditangani. Apalagi,
gelombang laut kini sudah ke permukiman warga," kata Bakhtiar. (Ant/OL-16)

Baca Juga

Dok DPR

DPR Dorong Pembentukan Tim Khusus untuk Investigasi Persoalan Amman Mineral

👤Mediaindonesia. 🕔Rabu 30 November 2022, 16:37 WIB
Adian juga mendorong dibentuknya tim khusus guna menginvestigasi jatuhnya korban jiwa dalam kecelakaan kerja di PT...
DOK MI

Serikat Pekerja Di Sumut Tuntut Kenaikan UMK 2023 Di Atas 10%

👤Yoseph Pencawan 🕔Rabu 30 November 2022, 16:35 WIB
SERIKAT pekerja di Sumatera Utara (Sumut) berharap adanya kenaikan upah minimum yang lebih signifikan di tingkat...
DOK MI

BMKG Bandung Terus Pantau Aktivitas Sesar Lembang

👤Naviandri 🕔Rabu 30 November 2022, 16:27 WIB
BMKG Kota Bandung, Jawa Barat terus memantau aktivitas seismik yang ada di Sesar Lembang. Hal  itu dilakukan pascagempa di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya