Kamis 27 Oktober 2022, 16:00 WIB

Gelorakan Semangat Sumpah Pemuda, Solo Helat Konser Rhapsody Nusantara

Widjajadi | Nusantara
Gelorakan Semangat Sumpah Pemuda, Solo Helat Konser Rhapsody Nusantara

MI/Widjajadi
Panitia dan Seniman yang terlibat dalam konser Rhapsody Nusantara memberikan penjelasan terkait konser akbar dalam memperingati Sumpah Pemud

 

KOTA Solo akan menggelar pertunjukan konser megah bertitel 'Rhapsody Nusantara' yang mengusung semangat Sumpah Pemuda 1928, dengan melibatkan ratusan musisi dan seniman, penyair serta koreografer tari hebat dari berbagai kota pada Jumat malam (28/10)  malam, di Diamond Solo Convention Center.

Performer yang terlibat dalam konser musik dan tari serta puisi itu adalah penata musik Singgih Sanjaya lengkap dengan orkestra miliknya, Dira Sugandi, David Bayu, Sruti Respati, Kenny Gabriel, grup gamelan Soepraloya, Kolintang Gratia, Voca Erudita, Filda Wibowo, Melati Arumsari, Dewi Pembayun, Ekodance, dan ada juga budayawan Sardono W Kusumo, penyair Butet Kertorajasa, koreografer Eko Pece serta sejumlah seniman bertalenta dari Solo.

"Ya, dalam Rhapsody Nusantara ini menghadirkan semangat sumpah pemuda, persatuan dan emansipasi wanita," ungkap eksekutif produser konser Filda Wibowo dalam jumpa pers di Diamond jelang konser, Kamis (27/10/2022).

Yang jelas, dalam pertunjukkan konser yang disponsori Bank Jateng ini, Riel Tasmaya selaku penanggung jawab acara berharap, melalui kegiatan berkesenian ini, akan memberikan inspirasi dan semangat kalangan pemuda Indonesia agar terus menggalang persatuan dan mengkumandangkan karya anak bangsa ke penjuru negeri.

"Rhapsody Nusantara ini, sebuah kolaborasi oleh sejumlah performer ternama yang meliputi bidang musik, tari, dan puisi. Kami yakin narasi yang dibangun melalui pertunjukkan ini akan menginspirasi dan menyemangati kaum muda dalam mengisi pembangunan untuk negeri," kata dia.

Budaya Sardono W Kusumo menegaskan, kegiatan konser Rhapsody Nusantara ini akan mampu membangkitkan kembali semangat berikut nilai nilai sunpah pemuda.

"Rhapsody Nusantara 2022 ini mamou menyelaraskan semangat sumpah oemuda kepada seluruh hadirin yang menyaksikan," cetus mantan Rektor IKJ ini dalam pesannya.

Yang jelas sederet lagu yang akan dibawakan dalam konser yang mebyatukan dan mengjumandanhkan ini di antaranya Indonesia Pusaka, Api Kemerdekaan, Dari Sabang Sampai Merauke, Tabah Air, Bengawan Solo, Lir ilir, Ondel Ondel, Maju Tak Gentar, Gemu Fanire, Nyanyian Negeriku dan Bangun Pemuda Pemudi. (OL-13)

Baca Juga: Kemenpora : Peringatan HSP 2022 Jadi Momentum Mengambil ...

 

Baca Juga

dok.Ant

Serikat Buruh Temanggung Kawal Kenaikan UMK 8,01 persen

👤Tosiani 🕔Rabu 07 Desember 2022, 16:05 WIB
Federasi Serikat Buruh Kehutanan Perkayuan dan Pertanian Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (Hukatan SBSI) Temanggung, Jateng bertekad akan...
dok.Tins

Hingga November 2022, Capaian Reklamasi Darat PT Timah Tbk Sudah 91 Persen

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Rabu 07 Desember 2022, 16:00 WIB
Hingga November 2022, emiten Berkode TINS ini mencatat realisasi reklamasi darat mencapai 366, 5 hektar atau 91 persen dari target...
MI/Apul Iskandar

Dairi Waspadai Penyakit African Swine Fever pada Ternak Babi

👤Apul Iskandar 🕔Rabu 07 Desember 2022, 15:32 WIB
Penyakit ASF ini berdampak pada ternak babi dan tidak berdampak pada kesehatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya