Jumat 30 September 2022, 18:55 WIB

Politisi Muda Papua Minta Lukas Enembe Contoh Barnabas Suebu Patuh Hukum

mediaindonesia.com | Nusantara
Politisi Muda Papua Minta Lukas Enembe Contoh Barnabas Suebu Patuh Hukum

dok.pribadi
Politisi muda Haris Yoku yang juga Ketua DPW Partai Ummat Papua

 

GUBERNUR Papua Lukas Enembe diduga melakukan gratifikasi dan dinyatakan tersangka hingga dua kali pemanggilan yang keduanya mangkir. Dinilai politisi muda Papua Haris Yoku tidak memberika contoh baik bagi generasi muda Papua.

"Seharusnya Gubernur Lukas Enembe bisa mencontoh mantan gubernur Papua Barnabas Suebu yang patuh terhadap hukum," kata Haris Yoku, dalam keterangannya persnya di Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (30/9/2022).

Haris Yoku yang juga Ketua DPW Partai Ummat Papua ini menilai, apa yang dilakukan ataupun sikap Gubernur Lukas Enembe kurang bagus sebagai warga Papua. Tidak bisa menjadi panutan anak muda Papua. "Lukas Enembe harus berjiwa besar seperti gubernur sebelumnya Barnabas Suebu jangan bersembunyi di belakang rakyat dan seharusnya berdiri didepan rakyat serta patuh terhadap proses hukum", tegas Haris.

Ditambahkan Haris, masyarakat Papua juga harus tahu dasar dugaan tersangka oleh KPK. Seluruh masyarakat Indonesia, tidak hanya di Papua harus mematuhi hukum. Apalagi korupsi adalah musuh kita bersama. 

Proses pembangunan bisa dilihat secara global, jelas Haris, dana yang dikucurkan banyak tapi ada yang tidak ada pembangunan. Hal itu sangat jelas adanya penyelewengan anggaran yang sedang ditutupi dan dipermainkan oleh individu ataupun kelompok.

Lukas Enembe, ungkap Haris, merupakan tokoh adat yang besar dan memiliki rakyat adat yang secara spontanitas melakukan perlindungan untuk menyelamatkan Lukas Enembe.

"Seharusnya masyarakat tersebut membiarkan proses hukum berjalan sehingga kebenaran terlihat dan hormati hukum yang berlaku", kata Haris

Negara ini negara hukum siapapun harus bertanggungjawab terhadap apa yang telah dilakukan apalagi ini kasus korupsi, jika tidak ada bukti dapat dinyatakan tidak bersalah namun jika terbukti harus berada didepan untuk menghadapi proses hukum, tutup Haris. (OL-13)

Baca Juga: Pemuka Gereja KINGMI Papua Minta Lukas Enembe Jujur ke KPK

Baca Juga

dok.Ant

Masyarakat DIY Diminta Waspadai Ancaman Bencana Hidrometeorologi hingga Maret 2023

👤Ardi T Hardi 🕔Minggu 27 November 2022, 22:22 WIB
KEPALA Stasiun Klimatologi DIY Reni Kraningtyas mengingatkan, masyarakat agar tetap waspada terhadap ancaman bencana karena masih tingginya...
dok.ist

Massa GMC Lampung Timur Gemakan Ganjar Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 21:27 WIB
SORAKAN Ganjar Presiden menggema dari ribuan pemuda, milenial dan mahasiswa yang tengah berkumpul di Lapangan Merdeka, di Desa Braja Sakti,...
MI/SUPARDJI RASBAN

14 Perguruan Tinggi Keroyok Stunting di Jawa Tengah

👤Supardji Rasban 🕔Minggu 27 November 2022, 21:10 WIB
Di bawah koordinator Universitas Alma Ata Yogyakarta, mereka menggulirkan Program Gong Ceting atau Gotong Royong Cegah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya