Jumat 16 September 2022, 08:42 WIB

Gudang Penyimpanan Telur dan Beras di Pasar Cikurubuk Terbakar

Kristiadi | Nusantara
Gudang Penyimpanan Telur dan Beras di Pasar Cikurubuk Terbakar

MI/Kristiadi
Petugas memadamkan api yang menbakar gudang penyimpanan telur dan beras di Pasar Cikurubuk, Tasikmalaya.

 

GUDANG penyimpanan telur dan beras di ruko Permata Cikurubuk Blok G Pasar Cikurubuk, Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Kamis (15/9) sekitar pukul 18.30 WIB terbakar. Kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa, tetapi pemilik menelan kerugian cukup besar.

Salah seorang saksi dan pedagang di Pasar Induk Cikurubuk, Luki, 44, mengatakan pihaknya mendengar beberapa kali letupan di dalam gudang seperti dari kabel listik hingga memberi tahu kepada pemilik dan pedagang lainnya untuk membuka pintu roling door dan ketika dibuka melihat api muncul dari karton diikuti kepulan asap.

"Awalnya, kami mendengar suara letupan dari dalam gudang penyimpanan telur dan beras hingga langsung memangil pemiliknya Fauzan di blok A. Ketika rolling door dibuka, terlihat api membesar diikuti kepulan asap warna putih dan hitam membakar tumpukan karton berisi telur. Ruko sebelahnya, yang menyimpan beras, langsung dikeluarkan dan menyiramkan api tetapi tidak berhasil padam," katanya, Kamis (15/9) malam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya, Ucu Anwar, mengatakan pihaknya mendapatkan laporan adanya gudang penyimpanan telur dan beras di blok G Pasar Cikurubuk terbakar. Atas laporan itu, dia langsung menurunkan satu unit truk air milik BPBD untuk memadamkan api dan tidak berselang lama empat damkar tiba di lokasi langsung menyiramkan air.

"Petugas Damkar maupun BPBD telah berhasil memadamkan api dalam waktu 30 menit dan langsung melakukan pendinginan terhadap gudang penyimpanan telur dan beras supaya tidak ada api yang muncul kembali. Kebakaran itu diduga berasal dari arus pendek membakar karton telur dan menjalar ke lokasi lain tapi semua barang berhasil diselamatkan," katanya.

Sementara itu, Kapolsek Mangkubumi Polres Tasikmalaya Kota, Iptu Hartono mengatakan kebakaran yang terjadi di Pasar Cikurubuk itu berupa gudang penyimpanan telur dan beras di Ruko Permata Blok G, semua barang dalam gudang itu berhasil diselamatkan. 

Baca juga: Tim SAR Gabungan Temukan Warga Tenggelam di Situ Gede

Dari hasil keterangan saksi mata, sebelum kejadian, sempat terdengar letupan suara di dalam gudang dan ketika membuka roling door terdapat tumpukan karton telur terbakar.

"Dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) dilakukan oleh tim Identifikasi (Inafis) Polres Tasikmalaya Kota, penyebab kebakaran terjadi pada alat Sanyo penyedot air telah mengalami korsleting arus pendek dan membakar karton. Atas kejadian tersebut, pemilik gudang beras dan telur mengalami kerugian sebesar Rp100 juta," paparnya. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA/Harviyan Perdana Putra

Fondasi Jembatan Runtuh, Arus Lalu Lintas Pekalongan-Pemalang Dialihkan

👤Akhmad Safuan 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 18:26 WIB
Sejauh ini belum diketahui penyebab kebutuhan pondasi apakah karena usia jembatan atau gerusan air sungai yang mengalir cukup deras di...
MI/HO

Emak-Emak dan Milennial Jambi Dukung Sandiaga

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 18:00 WIB
Lomba badminton bertujuan mengajak masyarakat berolahraga dan tentunya mampu meningkatkan kembali bakat mereka dalam bermain...
ANTARA/MOHAMAD HAMZAH

Huntap Penyintas Banjir Torue Selesai Dibangun 2024

👤M Taufan SP Bustan 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 17:32 WIB
Berdasarkan catatan BPBD ada 40 rumah rusak pascabencana alam tersebut, di mana 10 unit rumah hilang dan 30 unit rusak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya