Selasa 13 September 2022, 18:01 WIB

Akses Jalan Utama ke Binangun Terputus akibat Longsor

Tosiani | Nusantara
Akses Jalan Utama ke Binangun Terputus akibat Longsor

MI/TOSIANI/DOK.BPBD
Akses jalan utama ke Desa Binangun, Kecamatan Watumalang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, terputus akibat tanah longsor, Selasa (13/9).

 

AKSES jalan utama ke Desa Binangun, Kecamatan Watumalang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, dan sekitarnya terputus akibat bencana tanah longsor, Selasa (13/9). Sebagai alternatif, jalur ke daerah tersebut kini diarahkan melalui jalur Kecamatan Mojotengan-Kalibeber kemudian ke arah Deroduwur.

Kepala Pelaksana Harian (Plh) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo, Bambang Triyono, mengatakan, tanah longsor terjadi pada Selasa (13/9) pukul 11.00 WIB.

"Kejadian longsor terjadi pada badan jalan yang merupakan jalan utama kabupaten," kata Bambang saat dimintai konfirmasi di Wonosobo, Selasa.

Ia menjelaskan, sebelum kejadian, hujan deras turun selama berhari-hari. Hal itu mengakibatkan jalan utama Wonosobo ke Binangun di Kecamatan Watumalang longsor.


Baca juga: Alami Sesak Napas, Seorang Pendaki Gunung Bawakaraeng Meninggal


Karenanya, akses mobil roda empat ke atas tidak bisa lewat. Akses jalan tersebut hanya bisa dilewati kendaraan roda dua dan pejalan kaki saja.

"Kami sudah melakukan kajian mengenai tanah longsor ini. Tidak ada korban jiwa. Hanya akses jalan yang terputus," katanya.

Sebagai penanganan awal, lanjut dia, telah dilakukan pemasangan BPBD line dan menutup akses jalan dari arah Watumalang dan dari arah Binangun.

Kemudian, pihaknya juga melakukan penembelan di selokan yang  berlubang, sehingga air tidak masuk ke tanah dekat lokasi longsor. (OL-16)

Baca Juga

DOK.MI

BPBD Solok Evakuasi Warga Terdampak Banjir

👤Yose Hendra 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 20:48 WIB
Terdapat 324 rumah yang terdampak banjir di Kelurahan Tanah Garam dan Kelurahan...
Dok, Kasoem Vision Care

Buka Cabang di Serang, Kasoem Vision Care Sediakan Pemeriksaan Penglihatan Secara Holistik

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 20:43 WIB
Adapun pemeriksaan yang tersedia berupa pemeriksaan lapang pandang, kontra sensitivitas, binokuler, strabismus (mata juling), pemeriksaan...
Dok. Sahid Hotels & resorts

Sahid Hotels Beri Apresiasi Peserta Esports Piala Gubernur Jateng 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 20:33 WIB
Dalam kesempatan itu, Hotel Sahid Jaya Solo turut memberikan kontribusi positif berupa akomodasi bagi para calon pemenang Esports dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya