Kamis 01 September 2022, 14:07 WIB

Bangka Belitung Targetkan Produksi Lada Tiga Ribu Ton di 2022

Mediaindonesia.com | Nusantara
Bangka Belitung Targetkan Produksi Lada Tiga Ribu Ton di 2022

ANTARA FOTO/Akbar Tado/pd.
Ilustrasi lada.

 

Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menargetkan produksi lada kering hasil panen petani setempat mencapai 3.000 ton pada 2022.

"Kami menargetkan produksi lada kering sampai akhir tahun 2022 mencapai 3.000 ton," kata Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka Subhan di Sungailiat, Kamis (1/9).

Berdasarkan data sementara produksi lada sampai akhir Agustus 2022 kata dia, sudah terealisasi 2.000 ton dan target diprediksi tercapai karena masih ada sejumlah kebun lada petani yang akan dipanen antara Oktober dan November.

"Saya optimistis produksi lada dapat tercapai karena masih ada ribuan hektare kebun lada yang belum dipanen," jelasnya.

Menurutnya, target produksi lada tahun 2022 tidak mengalami peningkatan dibanding ahun 2021, kemampuan hasil panen kebun lada rata - rata 1,8 ton per hektare.

"Dengan pertimbangan kebun lada yang ditanam petani tidak semua memiliki kondisi maksimal, target produksi tidak mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya," ujar Subhan.

Subhan mengatakan, kendala yang sering dihadapi petani lada yakni serangan hama atau jamur yang mengakibatkan pembusukan pada pangkal batang, kuning batang lada, dan hama yang lain.

"Perkebunan lada di Kabupaten Bangka tersebar di sejumlah wilayah kecamatan mencapai lebih dari 3.000 hektare dengan usia tanaman rata - rata di atas dua tahun," ujarnya.

Dia mengatakan, untuk membantu mengatasi serangan hama pada tanaman lada dan meningkatkan produksi panen, pemerintah menyalurkan bantuan puluhan dus fungisida bagi 100 hektare kebun lada, serta memberikan pendampingan kepada petani untuk membantu menyelesaikan persoalan terkait tanaman lada. (Ant/OL-12)

Baca Juga

ANTARA/R D Putra

125 Jenazah Korban Tragedi Kanjuruhan sudah Diambil Keluarga

👤Bagus Suryo 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:23 WIB
Hal itu diungkapkan Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo. Menurutnya, tidak ada lagi jenazah yang belum...
DOK.MI

Polisi Gagalkan Pajero Bawa Paket 20 Kg Sabu dari Medan ke Palembang

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:05 WIB
Di areal tersebut polisi menghentikan sebuah mobil Mitsubishi Pajero bernomor polisi B 1786 PJG. Mobil tersebut ditumpangi dua pria...
ANTARA/Yulius Satria Wijaya

Sopir Bus Gagalkan Pengiriman 4,5 Kg Ganja ke Jakarta

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 22:54 WIB
Dua pelaku yang mengirim paket tersebut, kata dia, saat ini masih dalam pencarian. Namun, identitas keduanya sudah dikantongi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya