Senin 15 Agustus 2022, 11:35 WIB

Yogyakarta Miliki 703 Relawan Pemadam Kebakaran, Ini Tugasnya

Mediaindonesia.com | Nusantara
Yogyakarta Miliki 703 Relawan Pemadam Kebakaran, Ini Tugasnya

Dok MI
Ilustrasi

 

Dinas Pemadam Kebakaran Kota Yogyakarta kini sudah memiliki 703 personel Relawan Pemadam Kebakaran, yang bertugas melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat mengenai upaya pencegahan dan penanganan kebakaran.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogyakarta Octo Noor Arafat di Yogyakarta, Senin, mengatakan bahwa Program Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) merupakan program nasional yang diimplementasikan di daerah.

Dalam program nasional, pembentukan Redkar dilakukan berbasis kelurahan dengan 10 personel di setiap kelurahan.

Namun, di Kota Yogyakarta program itu dikembangkan hingga berbasis lingkungan Rukun Warga (RW) dengan minimal satu personel Redkar di setiap RW.

"Di Kota Yogyakarta terdapat 616 RW dan saat ini sudah ada 703 personel Redkar yang tercatat di damkar," kata Octo, yang menyebut jumlah personel bisa bertambah karena sifatnya relawan.

Selain memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai bahaya kebakaran serta upaya pencegahan dan penanganan awal kebakaran, personel Redkar juga bertugas membantu menyampaikan informasi mengenai kejadian kebakaran di wilayahnya kepada petugas pemadam kebakaran.

"Redkar diminta membantu memberikan informasi mengenai lokasi kebakaran yang tepat, bagaimana kondisi akses jalan, hingga titik hidran terdekat," kata Octo.

Dengan informasi awal yang tepat, ia mengatakan, penanganan kebakaran bisa dilakukan secara lebih optimal sehingga kerugian dan korban akibat bencana bisa diminimalkan.

"Relawan juga diminta untuk mengkondisikan lingkungan di sekitar lokasi kebakaran agar tidak menjadi tontonan sehingga penanganan kebakaran bisa lancar," katanya.

Personel Redkar terdaftar dalam basis data Kementerian Dalam Negeri. Mereka memiliki nomor registrasi khusus dan mendapat pelatihan untuk meningkatkan kapasitas dalam membantu penanganan awal kebakaran. (Ant/OL-12)

Baca Juga

DOK.MI

Pemilik Gudang BBM Ilegal Meledak di Ogan Ilir Jadi Tersangka

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 29 September 2022, 21:53 WIB
Penetapan status tersangka kepada Y dilakukan oleh penyidik Satreskrim Polres Ogan Ilir setelah mengantongi cukup barang bukti didukung...
ANTARA/Iggoy el Fitra

BMKG Edukasi Kebencanaan kepada Siswa SMA di Padang

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 21:39 WIB
Kegiatan bertajuk BMKG Goes to School di Kota Padang ini menyasar dua sekolah yang berada di dekat pantai, yakni SMAN 10 dan SMAN 2...
Medcom

Pemkab Purbalingga Siapkan Peta Rawan Bencana Berbasis KRB

👤Lilik Darmawan 🕔Kamis 29 September 2022, 21:37 WIB
PEMKAB Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng) masih belum memiliki peta rawan bencana alam yang didasarkan pada kajian para...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya