Rabu 10 Agustus 2022, 14:14 WIB

Maksimalkan Hasil Panen Tembakau, Ganjar Minta Pendampingan Penyuluh Pertanian

Tosiani | Nusantara
Maksimalkan Hasil Panen Tembakau, Ganjar Minta Pendampingan Penyuluh Pertanian

MI/Tosiani
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melakukan petik daun tembakau untuk mengawali masa panen tembakau di Temanggung, Selasa (9/8/2022)

 

GUBERNUR Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengikuti tradisi wiwitan yang dihadiri 400 petani untuk mengawali panen raya tembakau. Dalam kesempatan tersebut, Ganjar meminta penyuluh pertanian mendampingi petani untuk memaksimalkan hasil panen.

"Tadi penyuluh pertanian kita minta untuk mendampingi," kata Ganjar usai acara wiwitan di Desa Giripurno, Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jateng, Selasa (9/8/2022).

Ganjar menjelaskan, peran penyuluh pertanian sangat penting untuk meningkatkan kualitas hasil panen petani tembakau. Menurut Ganjar, hal ini berdampak kepada kesejahteraan petani di Temanggung.

"Meskipun tentu petani sangat punya pengalaman yang bagus soal tembakau ini untuk menjaga kualitas. Kalau kualitasnya bisa dijaga, harganya bisa akan bagus," katanya.

Lebih lanjut Ganjar mengatakan, pihaknya akan berkomunikasi dengan penentu kualitas tembakau (grader) agar petani mendapat penghasilan yang bagus. Menurut Ganjar, komunikasi tersebut mesti dijaga.

"Nanti saya akan ketemu dengan para grader, dengan pabrikan agar sama-sama membuat simbiosa mutualisme," kata Ganjar.

"Sehingga petaninya nanem hasilnya bagus, pabriknya membeli, semua hepi, semua senang. Ini yang mesti dijaga komunikasinya," sambungnya.

Ganjar pun berdoa agar panen raya petani tembakau di Temanggung mendapatkan hasil maksimal. Dia berharap para petani semakin sejahtera setelah panen raya tembakau dilakukan.

Dalam wiwitan tersebut, Ganjar mengikuti tradisi petik tembakau sebagai simbol doa bersama untuk kelancaran dan keberkahan petani. Ganjar memetik 12 helai daun yang merupakan simbol dari hari pelaksanaan wiwitan, yakni Selasa Pahing. (OL-13)

Baca Juga: Petani Tembakau Panen Raya, Ganjar Mulai Komunikasi ke Bos-Bos Rokok

Baca Juga

DOK Sinar Mas Land.

Digital Hub Gandeng Lima Universitas di Pulau Sumatra  

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 23:57 WIB
Kali ini, perusahaan kembali menggelar acara tersebut dengan nama baru yakni DNA Goes to Campus yang hadir untuk memberikan edukasi seputar...
DOK.MI

Tim SAR Temukan WNA asal Jerman Terseret Ombak di Pantai Seminyak

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 23:35 WIB
Awalnya korban bersama empat temannya Suen Julian, Hana Saves, Eiwert Laura Marie, dan Lappe Theresa yang juga sama-sama dari Jerman...
ANTARA/Aswaddy Hamid

Imigrasi Pekanbaru Amankan 75 WN Bangladesh

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 23:27 WIB
Pengamanan WN Bangladesh tersebut diduga akibat penyalahgunaan izin tinggal, kata Kakanwil Kemenkumham...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya