Selasa 05 Juli 2022, 21:16 WIB

Jelang Idul Adha, Pemprov Jatim Perketat Pengawasan Lalu Lintas Ternak

Faishol Taselan | Nusantara
Jelang Idul Adha, Pemprov Jatim Perketat Pengawasan Lalu Lintas Ternak

DOK MI
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Jawa Timur memperketat arus lalu lintas ternak menjelang pelaksanaan Idul Adha. Ini untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengatakan penyebaran PMK sangat signifikan di provinsi-provinsi di Pulau Jawa. Untuk itu, pihaknya sudah menyiapkan antisipasi salah satunya pengetatan pengawasan pengiriman hewan ternak, khususnya sapi dari satu daerah ke  daerah lain.

"Mobilitas di antara ternak hidup, dilakukan dengan penuh kehati-hatian  tapi tetap ada ruangan yang dibuka," kata Emil.

Disinggung tentang kemungkinan diberlakukannya lockdown, Emil menegaskan Pemprov Jatim tidak memberlakukan hal tersebut. "Tidak ada lockdown dengan nama Jawa Timur tapi lebih membatasi mobilitas dari desa-desa yang teridentifikasi mengalami PMK," lanjutnya.

Pemerintah pun, lanjut Emil, telah memetakan daerah-daerah zona merah yang diduga terpapar PMK. Sehingga, hewan ternak yang akan dijadikan kurban benar-benar memenuhi syarat kesehatan. (OL-15)

Baca Juga

DOK MI

Ribuan UMKM Tumbuh Di Lamongan Selama Pandemi Covid-19

👤M Yakub 🕔Jumat 30 September 2022, 22:28 WIB
PEMKAB Lamongan, Jawa Timur menyatakan sebanyak 3.015 pengusaha di wilayahnya memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui Sistem Online...
Dok. KEIND

Menkominfo, Menparekraf, dan Gubernur Jateng akan Hadir di Rakernas Perdana KEIND di Solo

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 22:02 WIB
Rapat Kerja yang juga dibarengi dengan acara Entrepreneur Summit ini telah mengundang lebih dari 3.000 UMKM dari seluruh Indonesia yang...
DOK Pribadi.

Rumah Pejuang Kanker Peroleh Bantuan Sicepat dan Indonesia Bisa

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 22:00 WIB
Rumah Pejuang Kanker Ambu yang berdiri sejak 2009 terus berkembang sehingga kini yayasan itu memiliki empat rumah kanker di Jalan Bijaksana...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya