Jumat 01 Juli 2022, 20:36 WIB

Sulteng Perketat Pengawasan Lalu Lintas Ternak

M Taufan SP Bustan | Nusantara
Sulteng Perketat Pengawasan Lalu Lintas Ternak

DOK MI
Ilustrasi

 

PEMPROV Sulawesi Tengah (Sulteng), terus mengawasi lalu lintas hewan ternak yang masuk ke provinsi itu agar terbebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kepala Balai Karantina Pertanian Sulteng, Amril mengatakan, sejauh ini Sulteng masih terbebas dari PMK. Namun, pihaknya masih mengintensifkan karantina setiap hewan ternak yang akan dilalulintaskan keluar dan masuk ke Sulteng.

"Koordinasi juga terus kami lakukan dengan pemerintah, dinas terkait dan Polda Sulteng untuk pengawasan. Di pelabuhan maupun perbatasan antarprovinsi, pencegahan sudah dilakukan. Alhamdulillah PMK belum masuk Sulteng," terangnya, Jumat (1/7).  

Amril menjelaskan, untuk tindakan pencegahan, sapi, kambing, dan domba yang akan masuk dan keluar Sulteng, harus melalui masa karantina selama 14 hari. Hal ini harus dilakukan karena Sulteng merupakan salah satu penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN), sehingga perlu menjadi perhatian khusus.  

"Jadi betul-betul dilakukan pencegahan. Agar hewan ternak yang keluar dari Sulteng dan masuk ke IKN misalnya, harus terbebas PMK," imbuhnya.

Wakil Gubernur Sulteng, Ma'mun Amir dalam kesempatan terpisah meminta dinas-dinas terkait menjalankan tugas dan fungsinya dalam pencegahan masuknya PMK. "Jika PMK masuk, dapat mengganggu stabilitas stok dan suplai karena Sulteng sebagai sentra penghasil daging. Karena itu, sinergi harus terus ditingkatkan untuk pencegahan," tandasnya. (OL-15)

 

Baca Juga

Antara

Covid-19 Masih Naik, Jateng Tetap Gelar PTM 100 Persen

👤Akhmad Safuan 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 23:46 WIB
KASUS covid-19 di berbagai daerah di Jawa Tengah kembali meningkat dan kini telah mencapai 1.555 warga dirawat di rumah sakit maupun...
dok.ist

Nelayan Sulsel Dukung Ganjar Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:56 WIB
TERIKNYA mentari di pesisir Matene tak menggoyahkan semangat komunitas nelayan di Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sulsel menyatakan dukungan...
DOK MI.

Junjung Netiket, Jadi Pejuang Antihoaks

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:15 WIB
Di antara netiket yaitu kompetensi mengakses informasi sesuai netiket serta menyeleksi dan menganalisis informasi saat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya