Senin 27 Juni 2022, 23:00 WIB

Masyarakat dan Wisatawan Diimbau tidak Mendekati Gunung Awu

mediaindonesia.com | Nusantara
Masyarakat dan Wisatawan Diimbau tidak Mendekati Gunung Awu

Wikipedia
Gunung Awu di Sangihe, Sulawesi Utara

 

PUSAT Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mengimbau masyarakat ataupun wisatawan tidak mendekati radius berbahaya 3,5 kilometer dari kawah puncak Gunung Awu di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.
 
"Saat ini status Gunung Awu masih Siaga Level III," kata penyusun laporan PVMBG, Tommy Luhut Marbun, dalam keterangannya yang dikutip Antara, di Manado, Senin (27/6).
 
Masyarakat sekitar diharapkan tetap tenang, tidak terpancing isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya mengenai aktivitas Gunung Awu. Warga juga diharapkan mengikuti arahan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sangihe.


Baca juga: PMK Mewabah, Harga Hewan Kurban di Bangka Naik


Selanjutnya, masyarakat maupun pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya dapat memantau perkembangan tingkat aktivitas maupun  rekomendasi terkait Gunung Awu setiap saat melalui aplikasi MAGMA Indonesia.
 
Dalam laporan tersebut juga disebutkan, kegempaan vulkanik dangkal terekam dua kali dengan amplitudo 39-40 milimeter selama 14-25 detik.  Terekam pula tiga gempa tektonik jauh dengan amplitudo 4-12 milimeter selama 59-60 detik.
 
PVMBG telah menaikkan status Gunung Awu dari Waspada Level II ke Siaga Level III menyusul meningkatnya aktivitas kegempaan gunung setinggi 1.320 meter tersebut. (S-2)

 

Baca Juga

MEDCOM

Polisi Tangkap Empat Anggota Geng Motor Aniaya Warga hingga Tewas

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 22:50 WIB
Polres Majalengka sempat mengamankan 15 orang dalam kasus pengeroyokan, namun setelah dilakukan pendalaman yang ditetapkan sebagai...
DOK MI

Penindakan ODOL Di Tol Cipali Mulai Dilakukan

👤Nuruil Hidayah 🕔Senin 08 Agustus 2022, 22:20 WIB
OPERASI penindakan kendaraan over dimension & over load (ODOL) atau kendaraan kelebihan muatan dilakukan di gerbang tol Palimanan,...
DOK.MI

Seorang Anak di Magelang Meninggal dalam Kondisi Positif Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 21:55 WIB
Dalam beberapa pekan terakhir ini tetap ada kasus covid-19 di Kota Magelang meskipun tidak lebih dari 15 kasus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya