Senin 20 Juni 2022, 19:15 WIB

Ribuan Santri di Malang Yakin UMKM Keislaman Bisa Mandiri

mediaindonesia.com | Nusantara
Ribuan Santri di Malang Yakin UMKM Keislaman Bisa Mandiri

dok.ist
Ribuan santri di Malang, Jawa Timur optimis UMKM keislaman bisa mandiri melalui program lapak ganjar, Senin (20/6)

 

PROGRAM Lapak Ganjar yang memungkinkan para UMKM dipromosikan produknya secara gratis lewat akun Instagram Ganjar @ganjar_pranowo. membuat santri Malang optimis UMKM keislaman bisa mandiri,

Program tersebut dinilai membantu melariskan berbagai produk masyarakat, sehingga UMKM bisa berdiri mandiri. Khususnya UMKM keislaman yang dikelola para santri.

Hal itu merupakan salah satu alasan 2.500 santri di Malang yang tergabung dalam Santri Dukung Ganjar Jawa Timur (SDG Jatim) menggelar sejuta selawat dan doa bersama untuk mendukung Ganjar menjadi presiden di 2024.

Mereka adalah santri Pondok Pesantren Al Ihsan Al Murtadlo, Jalan Pesantren Gang II Blambangan, Krebet, Bululawang, Kabupaten Malang. Selawat juga diikuti asosiasi kiyai, pengasuh ponpes, ustaz, ibu-ibu majelis taklim, dan masyarakat umum.

"Alhamdulillah pada kesempatan hari ini santri bersama pengasuh dan bersama muslimat fathayat, kaum muslimin dan muslimat sekitarnya sangat mendukung sekali adanya doa bersama," kata Pengasuh Ponpes Al Ihsan Al Murtadlo, KH Badrus Shofil Ufa, Senin (20/6/2022).

Pria yang akrab disapa Gus Badrus itu mengatakan, Ganjar merupakan pemimpin yang agamis. Dia mengatakan, Ganjar sering bersilaturahmi dengan ulama dan para santri di ponpes, sehingga civitas pesantren merasa dekat dengan Gubernur Jateng itu.

"Adapun santri berperan mendoakan Bapak Ganjar sebagai calon presiden tahun 2024 karena Bapak Ganjar adalah seorang yang agamis. Sering silaturahim sama ulama, sering berkunjung ke pondok-pondok pesantren," imbuhnya.

Sementara itu, Koordinator Nasional SDG, Acep Amirudin meyakini Ganjar bisa membangkitkan ekonomi UMKM lewat Lapak Ganjar. Khususnya UMKM keislaman yang melibatkan para santri dan tokoh agama.

Menurut Acep, santri dapat berperan penting dalam kebangkitan tersebut. Pasalnya, kini santri pandai memanfaatkan digitalisasi, sehingga Acep menilai Lapak Ganjar sangat bermanfaat untuk mereka.

"Bagi para santri yang terjun di dunia usaha, UMKM, itu sangat bisa memanfaatkan, terlebih digitalisasi ini para santri juga ikut terlibat," kata Dosen salah satu Universitas Islam di Bandung ini.

Melalui Lapak Ganjar, Acep menyebut santri bisa belajar bagaimana hasil produksinya bisa disebarkan ke masyarakat luas. Dia berharap UMKM keislaman santri bisa mandiri dan meningkatkan ekonomi umat.

"Bagaimana cara mempromosikan UMKM hasil dari para santri ini untuk bisa dijual di marketplace dan tersebar di seluruh rakyat Indonesia. Harapan kami supaya santri bisa mandiri dan santri bisa ikut terlibat dalam peningkatan ekonomi umat dan bangsa," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Wilayah SDG Jatim Hurriyahi menilai Ganjar adalah sosok yang dekat dengan ulama. Dia berharap, ke depannya Ganjar bisa memberikan dorongan positif untuk negeri, khususnya kaum santri.

Acara bertajuk 'Sejuta Sholawat & Doa Bersama Bapak Ganjar Pranowo Presiden RI 2024' ini juga dimeriahkan dengan penampilan rebana dan qori oleh santri Ponpes Al Ihsan Al Murtadlo. Para santri yang menonton tampak antusias dengan penampilan tersebut. (OL-13)

Baca Juga: Ganjar Sidak Ke SMAN 5 Semarang, Pastikan PPDB Berjalan Lancar

Baca Juga

dok.mi

Ibu Kota Jabar jadi Dipindah ke Tegalluar, Walini atau Segitiga Rebana, Ini Kata Kang Emil

👤Naviandri 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 18:10 WIB
WACANA pemindahan pusat Pemerintahan Provinsi Jawa Barat  dari Kota Bandung masih menunggu kepastian pembangunan stasiun...
DOK MI

Kasus Covid-19 Masih Naik, PTM Di Jateng Tetap 100 Persen

👤Akhmad Safuan 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 17:44 WIB
KASUS covid-19 di berbagai daerah di Jawa Tengah kembali meningkat dan kini telah mencapai 1.555 warga dirawat di rumah sakit maupun...
DOK MI

Polres Kendal Selidiki Dugaan Kasus Mutilasi

👤Akhmad Safuan 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 17:29 WIB
POTONGAN tulang manusia ditemukan di pinggiran Sungai Depok, Desa Pasigitan, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Jawa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya