Minggu 29 Mei 2022, 14:47 WIB

Tiga Universitas Raih Juara Lomba Hackathon Yogyakarta Sahabat Ganjar

Basuki Eka Purnama | Nusantara
Tiga Universitas Raih Juara Lomba Hackathon Yogyakarta Sahabat Ganjar

MI/HO
Para juara hackaton yang diselenggarakan Sahabat Ganjar di Daerah Istimewa Yorgayakarta berpose bersama usai pembagian hadiah.

 

EVENT Hackathon telah sukses diselenggarakan Sahabat Ganjar, Sabtu (28/5). Kegiatan yang bertujuan menggali peran mahasiswa dalam pembangunan Indonesia melalui mobile app yang inovatif itu mengusung tema Building and Empowering Indonesia. 

Kegiatan itu berlangsung di Sahid Raya Hotel & Convention Yogyakarta dan berjalan dengan meriah serta diapresiasi dengan penuh suka cita oleh seluruh peserta kegiatan lomba Hackathon 2022. 

Seluruh peserta yang mewakili kampus mereka memenuhi undangan di Sahid Raya Hotel & Convention. Setiap peserta diwajibkan mengikuti tahap akhir seleksi lomba Hackathon 2022. 

Baca juga: Final Hackaton Sahabat Ganjar Jadi Stimulan Mahasiswa Dukung Indonesia Melek Teknologi

Sebelum memasuki tahap seleksi akhir, Sahabat Ganjar memberikan sarana edukasi dengan seminar yang mengusung tema Peran Mahasiswa dalam Pembangunan Indonesia melalui Mobile App yang Inovatif. Seminar ini diisi oleh Ray Rezky Ananda, CEO Bantu Ternak, Regional Officer 1000 Startup Yogyakarta, dan Alif Fatullah, CEO Weslic Indonesia Neotech. 

Setelah melewati banyak tahap seleksi, 14 tim, yang setiap timnya terdiri dari tiga peserta, telah sampai pada tahap akhir yaitu mempresentasikan produk mobile app ciptaan mereka. Hal itu berakhir dengan keputusan juri memilih juara 1, 2, dan 3. 

Juara satu jatuh pada produk mobile app milik tim Universitas Amikom Yogyakarta dengan tema “Nenda – Solusi Muncak tanpa Ribet”. 

Juara dua dimenangkan tim Universitas Negeri Yogyakarta dengan tema “Manashelter: Kelola Bijak Sampah Plastik” dan juara tiga dimenangkan oleh tim Universitas Gadjah Mada dengan tema “CAKARA: Aplikasi Mapping Berbasis Data Laporan Kriminal Untuk Pengurangan Tindak Kejahatan Klitih dan Kejahatan Jalan Raya Lainnya”.

“Kegiatan ini, menurut saya, seru dan sangat menantang karena ini merupakan event offline pertama saya bersama tim. Saya banyak belajar dari seminar dan juga insight dari gagasan produk tim lain, sehingga hal ini menambah referensi untuk mengembangkan produk dan bisnis. Harapannya, semoga ke depan ada dan banyak lagi kegiatan seperti ini sehingga bisa menjadi wadah mahasiswa/i mempromosikan ide dan gagasannya,” ujar Ivan Nur Ilham Syah, selaku peserta juara 1 dari Univesitas Amikom Yogyakarta.

Kegiatan itu ditutup dengan meriah dan diisi dengan sesi foto bersama seluruh peserta lomba Hackathon 2022 se-Daerah Istimewa Yogyakarta. (RO/OL-1)

Baca Juga

DOK.MI

Polisi Tetapkan Tiga Tersangka Kasus Angkutan BBM Ilegal Terbakar di Muba

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:45 WIB
Ketiganya ditangkap Satreskrim Polres Muba secara terpisah di rumah...
Dok. Mutuagung Lestari

Perluas Jasa Uji Kualitas Lingkungan, Mutuagung Lestari Resmikan Laboratorium di Pontianak

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:41 WIB
Saat ini, PT Mutuagung Lestari memiliki lima cabang laboratorium lingkungan yang berada di Samarinda, Pekanbaru, Pangkalan Bun, Medan dan...
DOK MI.

Polda Jambi Tangkap Lima Pelaku Penyimpangan Distribusi BBM Subsidi

👤Solmi 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:30 WIB
Mereka ialah dua operator APMS Andi, 42, dan Kodri, 46, tiga pembeli penampung atas nama Zulfala, Jumino, dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya