Kamis 26 Mei 2022, 19:19 WIB

Barisan Kiai Kultural NU Jatim Deklarasi Dukung Ridwan Kamil

Heri Susetyo | Nusantara
Barisan Kiai Kultural NU Jatim Deklarasi Dukung Ridwan Kamil

MI/Heri Susetyo
Deklarsi dukungan kiai kultural Nahdlatul Ulama (NU) Jatim kepada Ridwan Kamil.

 

BARISAN kiai kultural Nahdlatul Ulama (NU) asal Jawa Timur mendeklarasikan diri mendukung Ridwan Kamil (RK) sebagai Calon Presiden (Capres) 2024, Kamis (26/5).

Deklarasi dipimpin KH Ghozi Wahib Wahab di kantor Khitthah Ulama Nahdliyin (KUN) Jalan Delta Raya Utara Nomor 31 Perumahan Deltasari Baru Kecamatan Waru, Sidoarjo. Dalam deklarasi itu KH Ghozi Wahab menyerukan kepada seluruh rakyat Indonesia, untuk memberikan kesempatan Gubernur Jawa Barat itu untuk memimpin Indonesia mulai 2024.

"Saya bersama kiai-kiai NU dari Jawa Timur, berkeinginan memberikan kesempatan kepada Ridwal Kamil untuk memimpin Indonesia. Sudah saatnya orang top di Jawa Barat diberikan kesempatan untuk memimpin Indonesia ini," kata cucu salah satu pendiri NU KH Wahab Chasbullah itu.

Seusai deklarasi, KH Ghozi Wahib Wahab bersama kiai-kiai lainnya yang satu barisan, akan keliling kota dan pondok untuk bersosialisasi mengajak mendukung Ridwan Kamil. Menurutnya, banyak para kiai pemangku pondok-pondok dengan santri ribuan yang sejalan dan sependapat dalam mendukung Ridwan Kamil sebagai Presiden pada 2024.

"RK salah satu capres yang muncul dan namanya tidak pernah mendatangi atau berurusan dengan kantor aparat penegak hukum dalam hal korupsi. Dan di Jawa Barat juga tidak pernah ada demo atau menyoal soal kebijakan Ridwan Kamil dalam memimpin Provinsi Jawa Barat," tegasnya.
 
Ridwal Kamil, ujar kiai sepuh ini, dalam memimpin rakyatnya sudah teruji berhasil, mulai sebagai wali kota sampai gubernur. Menurutnya, gaya kepemimpinan RK, istilah dalam islam adalah sidiq (benar, selalu berkata jujur), amanah (tidak pernah mengingkari), tabligh (selalu menyampaikan atau transparan) dan fatonah (cerdas, pandai dan bijaksana).

"Sistem maupun gaya dalam memimpin daerah, selalu mengedepankan kebenaran atau jujur, tidak pernah ingkar, transparan dan bijaksana. Itu ada pada diri Ridwan Kamil," ujar KH Ghozi.

KH Dja'far Shodiq, ulama Pamekasan Madura menambahkan, dirinya mengaku sejalan dengan cucu KH Wahab Chasbullah itu. Dirinya juga akan melibatkan diri roodshow dalam mendukung Ridwan Kamil.

"Nanti di wilayah Madura, saya akan all out dalam mendukung dan mencari dukungan untuk suara Ridwan Kamil," kata Dja'far Shodiq.
 
Usai deklarasi utusan dari Ridwan Kamil juga secara simbolis memberikan bantuan pin dan kaos bergambar Ridwan Kamil Presiden RI 2024. Kaos dan pin itu nantinya akan dibuat untuk sosialisasi dalam mendukung Ridwan Kamil Presiden RI 2024. (OL-15)

Baca Juga

MI/Arnoldus

Pengerukan Galian C di Bukit Angantiga Ancam Ekosistem Lingkungan

👤Arnoldus Dhae 🕔Senin 27 Juni 2022, 10:00 WIB
SAMPAI berita ini diturunkan pengerukan galian C di Bukit Angantiga, Kecamatan Petang, Badung terus terjadi meskipun bencana longsor sudah...
dok.ist

Ulama dan Hilma di Madura Doakan Ganjar Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 09:10 WIB
HIMPUNAN Lora Madura (HILMA) bersama dengan 2.000 Ulama dan Kiai se-Madura menyatakan dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo...
Ist/Pemprov Jateng

Ganjar: Pemprov Jateng Serius Tangani Masalah Sampah

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 09:01 WIB
Peserta Kongres Sampah Deden Lesmana asal Cirebon Jawa Barat mengaku kegiatan Kongres Sampah yang dihadirinya ini akan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya