Selasa 24 Mei 2022, 16:56 WIB

Menhub: Angka Kecelakaan saat Mudik Turun 40%

Andhika prasetyo | Nusantara
Menhub: Angka Kecelakaan saat Mudik Turun 40%

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

 

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkap angka kecelakaan pada masa mudik lebaran tahun ini menyusut 40% dari tahun sebelumnya. Jumlah korban meninggal dunia pun turun sampai 72% pada periode sekarang.

"Angka kecelakaan itu turun 40%. Bahkan, jumlah meninggal dunia turun 72%. Ini adalah angka yang sangat signifikan,"ujar Budi selepas mengikuti rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (24/5).

Ia mengatakan capaian positif tersebut bisa terjadi karena dua hal, yaitu menurunnya jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor dan berkurangnya bus wisata yang disulap menjadi bus antarkota antarprovinsi (AKAP).

Baca juga: Kasus Pemerkosaan 3 Anak di Luwu Dihentikan, DPR Minta Mabes Polri Turun

"Pemerintah tentu berterima kasih kepada masyarakat. Kita terus mengeluarkan imbauan supaya tidak mudik dengan sepeda motor," tutur Budi.

Adapun, terkait bus wisata, ia mengatakan pihaknya, jauh sebelum pelaksanaan mudik, telah meminta kepolisian daerah dan dinas perhubungan daerah memeriksa armada-armada bus wisata yang kerap diubah menjadi angkutan mudik pada masa lebaran.

"Bus angkutan wisata itu adalah bus yang digunakan secara individual dan kadang-kadang tidak terlacak. Apakah sopirnya benar, itu tidak terlacak. Oleh kareana itu, kita minta polda dan dishub untuk melakukan law enforcement terhadap bus-bus wisata karena itu berbahaya," tandasnya.(Ant/OL-4)

Baca Juga

ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

Polda DIY Tetapkan Dua Tersangka Kasus Kerusuhan Babarsari

👤mediaindonesia,com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 23:10 WIB
Di lokasi kejadian, di Jambusari pada Sabtu (2/7), kata Ade, dua tersangka itu melakukan kekerasan yang mengakibatkan tiga orang...
ANTARA/Basri Marzuki

Pedagang di Kota Palu Tolak Hewan Ternak dari Luar Sulawesi

👤M Taufan S Bustan 🕔Rabu 06 Juli 2022, 22:40 WIB
Ketersedian stok di Kota Palu diakui pedagang masih mencukupi untuk kebutuhan konsumsi dan kebutuhan kurban pada Idul Adha...
MI/Adi Kristiadi

Pengendara Moge Penabrak Anak Kembar hingga Tewas di Ciamis Divonis 4 Bulan

👤Adi Kristiadi 🕔Rabu 06 Juli 2022, 22:35 WIB
MAJELIS hakim Pengadilan Negeri (PN) Ciamis menjatuhkan vonis dua terdakwa pengendara motor gede (Harley Davidson) yang menabrak dua anak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya