Selasa 17 Mei 2022, 21:25 WIB

Waspada PMK, Bupati Klaten Sambangi Pasar Hewan Prambanan

Djoko Sardjono | Nusantara
Waspada PMK, Bupati Klaten Sambangi Pasar Hewan Prambanan

MI/DJOKO SARDJONO
Bupati Klaten Sri Mulyani di Pasar Hewan Prambanan

 


BUPATI Klaten, Jawa Tengah, Sri Mulyani menyambangi Pasar Hewan Prambanan, Selasa (17/5). Kedatangannya di pasar ini terkait persebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak.

Dalam kegiatan waspada persebaran PMK di Pasar Hewan Prambanan, Sri Mulyani didampingi Widiyanti, Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Klaten.

Tim penyuluh hewan, dokter hewan, dan Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta yang menyertai bupati melakukan pendataan dan pemeriksaan hewan yang dijual di pasar tersebut.

Untuk antisipasi dan pencegahan persebaran PMK di Klaten, hewan ternak yang masuk pasar diperiksa kesehatannya oleh petugas atau tim kesehatan (dokter) hewan DPKPP Klaten.

Bupati Sri Mulyani usai menyaksikan pemeriksaan hewan di Pasar Prambanan menyebutkan, bahwa ada sekitar 400 sapi yang masuk pasar telah diperiksa kondisi kesehatannya.

Sampai saat ini kasus sapi terkonfirmasi PMK di Klaen ada enam ekor, empat di Kecamatan Kemalang dan dua di Karanganom. Tapi, keadaannya sekarang sudah membaik dan mau makan.

Kemudian, lanjut Sri Mulyani, untuk kasus suspek sebanyak 33 ekor. Dari jumlah itu, 30 ekor tersebar di Kecamatan Kemalang  dan tiga ekor lainnya di Kecamatan Jatinom.

DPKPP Klaten pun terus melakukan tindakan dan pemantauan terhadap sapi yang terkonfirmasi dan suspek  PMK. Ini dilakukan dalam upaya pencegahan agar tidak menyebar ke ternak lainnya.

“Kami minta peternak semua tetap tenang dan tidak usah khawatir dengan kondisi PMK yang ada di Klaten atau Indonesia. Kondisi di Klaten pun aman terkendali dari PMK," ujarnya. (N-2)

Baca Juga

MI/Amiruddin Abdullah Reubee

USK dan Pemkab Aceh Selatan Kerja Sama Peta Risiko Bencana

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 09:16 WIB
"Dokumen Kajian Risiko Bencana (KRB) Banjir Aceh Selatan yang akan dibuat ini sepenuhnya untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat...
MI/Seno

Penanganan Stunting Jadi Prioritas Pemprov Kalsel

👤Denny Susanto 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 08:41 WIB
Berdasarkan data hasil Studi Status Gizi Indonesia pada 2021, prevalensi stunting di Kalsel mencapai 33,08% atau berada pada urutan 6...
MI/Hendra

Menyelamatkan Danau Maninjau, Objek Wisata Unggulan di Agam

👤Yose Hendra 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 08:00 WIB
Kondisi fisik dan ekologi danau kini telah mengalami degradasi atau penurunan, sehingga perlu pengelolaan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya