Minggu 15 Mei 2022, 13:43 WIB

Anak Petani Blora Raih Cum Laude di IAIN Kudus

Jamaah | Nusantara
Anak Petani Blora Raih Cum Laude di IAIN Kudus

MI/Jamaah.
Endang Susanti menunjukkan ijazah dengan hasil cum laude usai prosesi wisuda di IAIN Kudus, Sabtu (14/5/2022).

 

ENDANG Susanti, gadis asal Desa Sempu, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, tak menyangka namanya dipanggil sebagai wisudawan terbaik dalam wisuda periode ke-31 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus pada Sabtu
(14/5/2022). Anak kedua dari pasangan Sujiman, 51, dan Siti Aminah, 50, yqng berprofesi sebagai petani di pelosok desa itu berhasil memperoleh predikat cumlaude dalam Program Studi Pemikiran Politik Islam dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,89.

Dengan keterbatasan ekonomi yang dialami, semangat kerja keras Santi berhasil membahagiakan kepada kedua orangtuanya. Sambutan haru mewarnai setiap langkah Endang Susanti sesaat disambut kedua orangtua dan kakak kandungnya dari atas sepeda motor didepan gedung prosesi wisuda.

"Alhamdulillah, senang sekali proses kerja keras belajar aku disambut bapak, ibu, dan kakak. Ini juga berkat kerja keras kedua orangtua aku dalam mendidik," kata Santi, sapaan akrabnya, salah satu wisudawan terbaik IAIN Kudus dalam wisuda periode 31.

Perjuangan untuk sampai saat ini pun ia ceritakan tak begitu mudah. Sejak kuliah pada 2018, setiap sepekan sekali Santi harus pulang ke rumah untuk membantu orangtua dengan kesibukan di rumah. Pasalnya, kakak kandung bekerja di Yogyakarta. "Ingin pulang saja bantu orangtua di rumah. Kasihan di rumah berdua saja," jelasnya.

Untuk menghasilkan IPK 3,89, ia lewati dengan ekstrabelajar. Pasalnya Santi merupakan mahasiswa yang menjalani proses perkuliahan secara daring/online. Kondisi Desa Sempu yang berada di ujung selatan Kabupaten Blora itu tidak dukung dengan akses internet yang bagus. Meski begitu, beragam prestasi nasional dan internasional ia dapatkan. Puncaknya, ia dapatkan beasiswa dari Bank Indonesia. "Setiap perkuliahan daring aku ya naik perbukitan dulu. Soale, di rumah sana itu sulit akses internetnya. Setiap kerjakan tugas ada kuliah online ya naik ke bukit dulu," ujarnya.

Santi sendiri dikenal sebagai gadis yang memiliki kepedulian terhadap kaum perempuan. Itu terbukti dari skripsi yang ia tulis dengan tema kepemimpinan perempuan dengan lokus kajian kepemimpinan Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati. Menjadi lulusan terbaik Program Studi Pemikiran Politik Islam, Santi bercita-cita menjadi seorang politikus.

Menurutnya, selama ini untuk membuktikan pendidikan anak seorang petani agar mampu berprestasi sampai saat ini. Santi selalu memegang pesan orangtuanya untuk menjadi motivasi kepada dirinya. "Yang selalu kuingat, kedua orangtua saya itu bilang, 'Warisan terbaik dari saya (orangtuanya), hanyalah pendidikan. Kamu boleh mengemban pendidikan setinggi mungkin. Namun saya tidak bisa berikan harta, karena warisan harta akan habis, tetapi warisan pendidikan tidak akan pernah habis,'" ucapnya menirukan pesan orangtuanya.

Baca juga: Pemkab Purwakarta Kolaborasikan TMMD dan Gempungan Diburuan Urang Lembur

Raut muka kebahagian juga terpancar pada kedua orangtua Santi. Meski dengan sepeda motor, orangtua cukup bangga mampu menjemput anaknya usai prosesi wisuda yang digelar sesuai prokes tanpa menghadirkan orangtua di gedung wisuda. "Saya selalu bersyukur anak saya bisa lulus. Kami orang tani dengan keterbatasan kami ya sebisa mungkin cukupi anak. Kalau kurang saya ya sempat merantau buat cari tambahan buat kuliah dan kebutuhan anak. Yang penting kita selalu berdoa yang terbaik untuk anak-anak," ujar Sujiman sesaat menjemput anaknya.

Wakil Rektor I IAIN Kudus Supaat mengapresiasi terhadap para wisudawan, baik sarjana maupun pascasarjana, yang berhasil menyelesaikan program studi mereka. Sebanyak 1069 berhasil diluluskan, sementara 40 wisuda dari program pascasarjana. Untuk mahasiswa S1 yang menjadi terbaik terdapat 26 orang sesuai dengan masing-masing kerjuruan. "Kami juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa terbaik untuk mendapatkan beasiswa jika mau lulusan IAIN terbaik ini melanjutkan ke jenjang S2 di sini lagi," terangnya. (OL-14)

Baca Juga

DOK MI

Pemilik Peternakan Di Cianjur Diminta Terbuka Soal Ternak Terjangkit PMK

👤Benny Bastiandy/Budi Kansil 🕔Selasa 24 Mei 2022, 17:19 WIB
PEMERINTAH Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mengimbau pemilik peternakan tak menutupi informasi seandainya terdapat hewan ternak ruminansia...
Dok BPIP

ASN Berkewajiban Membangun Bangsa Multikultur

👤Siswantini Suryandari 🕔Selasa 24 Mei 2022, 17:09 WIB
Romo Benny menyatakan ASN memiliki kewajiban membangun bangsa yang...
ANTARA

Cuaca Buruk Diperkirakan Landa Perairan Selatan Jateng DIY

👤Lilik Darmawan 🕔Selasa 24 Mei 2022, 17:07 WIB
STASIUN Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) mengeluarkan peringatan dini cuaca...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya