Selasa 10 Mei 2022, 12:05 WIB

Selama Libur Lebaran 2022 Sektor Wisata Pangandaran Raih Rp5 Miliar

Adi Kristiadi | Nusantara
Selama Libur Lebaran 2022 Sektor Wisata Pangandaran Raih Rp5 Miliar

dok.Ist
Pengunjung objek wisata Pangandaran selama libur lebaran membludak dan menyebabkan macet parah, Kamis (5/5/2022)

 

RATUSAN ribu wisatawan selama momen libur lebaran 2022 yang mengunjungi sejumlah objek wisata di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD). Khususnya dari sektor wisata mencapai Rp5 miliar termasuk pajak hotel maupun restoran senilai Rp 1,3 miliar.

Bupati Kabupaten Pangandaran, Jeje Wiradinata mengatakan, momen libur lebaran tahun ini ada sekitar 665 ribu wisatawan datang berlibur ke sejumlah destinasi wisata seperti Pantai Pangandaran, Batuhiu, Green Canyon, pantai Batukaras, Karang Nini, Citumang dan tempat wisata lainnya. Para pengunjung yang datang dari berbagai daerah ini, mendongkrak PAD sebesar Rp5 miliar.

"Selama 2 tahun ke belakang pendapatan asli daerah kita mengalami mati suri dan momen libur lebaran tahun ini bisa mendongkrak PAD dari 665 ribu wisatawan yang datang jika saja satu orang wisatawan mengeluarkan uang Rp100 ribu saja maka akan terkumpul Rp 600 miliar berputar di masyarakat. Imbasnua sangat besar bagi ekonomi di Pangandaran dan tidak semua daerah memiliki potensi," katanya, melalui keterangan tertulis, Selasa (10/5/2022).

Jeje mengatakan, sektor wisata ini tidak melulu soal PAD tapi ada yang lebih besar lagi yaitu perputaran uang dari wisatawan. Ini yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi wisata sebesar Rp5 miliar telah mendongkrak PAD selama 2 tahun. Belum lagi dari pajak hotel dan restoran selama libur lebaran sebanyak Rp 1,3 miliar. Pada lebaran tahun ini, bersyukur kondisi di Pangandaran berjalan aman termasuk tidak ada korban tenggelam dan laka lainnya," paparnya. (OL-13)

Baca Juga: Pemprov DKI Pantau Kenaikan Kasus Covid-19 Pascalibur Lebaran

Baca Juga

MI/Supardji Rasban

Gelar Wayang Golek Pemkot Tegal Hadirkan Duo Dalang Enthus Susmono

👤Supardji Rasban 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 08:42 WIB
Pergelaran wayang golek dengan duo dalang Ki Haryo Entus Susmono (wayang Golek) dan dalang Nyi Jannah Entus Susmono (wayang kulit)...
MI/Denny Susanto

Ratusan Rumah Masih Terendam Banjir di Tabalong

👤Denny S 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 08:35 WIB
Sejumlah sungai meluap akibat kondisi cuaca buruk dalam beberapa waktu...
Dok. Agriensia Raya

Oleh-Oleh Kekinian Asli Medan Ini Buka Gerai Kedua, Beri Kejutan Bagi Penumpang Pesawat

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 23:08 WIB
Bolu Stim Menara merupakan makanan kekinian asli Medan yang mampu menjadikan bahan baku asli Medan seperti pandan, markisa, srikaya, jeruk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya