Kamis 05 Mei 2022, 22:47 WIB

Arus Balik Pemudik Mulai Ramaikan Jalan Lintas Sumatera Jambi

Solmi | Nusantara
Arus Balik Pemudik Mulai Ramaikan Jalan Lintas Sumatera Jambi

ANTRA/Wahdi Septiawan
Kendaraan melintas di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Jambi-Riau, Jambi, Kamis (5/5).

 

RUAS jalan lintas timur dan jalur lintas tengah Sumatera di wilayah Provinsi Jambi, Kamis (5/5) mulai diramaikan kendaraan pemudik yang hendak balik ke tempat asal.

Salah satu ruas jalan yang terlihat ramai dilintasi yakni ruas jalan nasional di Kabupaten Tebo dan Kabupaten Batanghari. Ruas jalan tersebut merupakan jalur penghubung jalan lintas timur dengan jalan lintas tengah Sumatera dari Kota Jambi-Kabupaten Bungo.

Meningkatnya intensitas kendaraan emasuki arus balik Lebaran tahun 2022 juga terlihat di Jalan Lintas Timur yang melintasi jalur lingkar barat Kota Jambi-Kabupaten Muarojambi dan Kabupaten Tanjungjabung Barat. Ruas jalan tersebut menghubungkan Jambi dengan Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Riau.

Pemandangan serupa juga terlihar di jalan lintas tengah Sumatera, yang mengbungkan Jambi, Sumatera Selatan dan Provinsi Sumatera Barat. Kendati belum begitu padat, ruas jalan lintas tengah Sumatera yang melintasi Kabupaten Bungo, Kabupaten Merangin dan Kabupaten Sarolangun itu, ramai dilintasi kendaraan pemudik yang hendak balik.

Kabid Humas Polda Jambi Kombes Mulia Prianto memperkirakan arus kendaraan di ruas-ruas jalan tersebut akan semakin meningkat. Untuk mengawal kondusivitas keamanan, sebut Mulia, ribuan personel gabungan Polri, TNI, dan instansi pemerintah terkait, bersiaga di 52 Pos Operasi Ketupat Siginjai 2022 yang tersebar di sepanjang ruas jalan yang bakal ditempuh pemudik.

Dia menambahkan, samenjak arus mudik sebelum Lebaran Idul Fitri hingga Kamis (5/5),  kondisi keamanan di jalur pelintasan pemudik di wilayah Jambi relatif aman dan terkendali. Sampai saat ini Polda Jambi mencatat hanya terjadi 12 insiden laka-lantas, dengan korban jiwa tiga orang. (OL-15)

Baca Juga

MI/Humas Pemkot Ternate

Berbeda dengan Kementrian Agama, Pemkot Ternate Tetapkan Salat Iduladha pada 9 Juli

👤Hijrah Ibrahim 🕔Selasa 05 Juli 2022, 10:31 WIB
"Kami memutuskan pelaksanaan Salat Iduladha jatuh pada Sabtu (9/7) karena umat muslim di Kota Ternate meyakini 10 Zulhijjah jatuh pada...
MI/John Lewar

Sandiaga Sebut Harga Tiket Masuk Pulau Komodo Rp3,7 Juta Masih Dibahas

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 05 Juli 2022, 07:56 WIB
Selain mengutamakan nilai-nilai konservasi dan keberlanjutan lingkungan, wacana itu juga mempertimbangkan beban sementara atau carrying...
MI/Lilik Darmaswan

Cuaca Buruk, Ratusan Nelayan di Aceh Barat tidak Melaut

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 05 Juli 2022, 06:00 WIB
Dampak tingginya gelombang laut juga menyebabkan nelayan tidak berani beraktivitas di laut, karena ketinggian gelombang yang mencapai empat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya