Minggu 24 April 2022, 23:40 WIB

Polres Cianjur dan Polres Bogor Antisipasi Kemacetan di Puncak Saat Mudik

Benny Bastiandy/Budi Kansil | Nusantara
Polres Cianjur dan Polres Bogor Antisipasi Kemacetan di Puncak Saat Mudik

ANTARA
Ilustrasi kemacetan.

 

POLRES Cianjur akan berkoordinasi dengan Polres Bogor saat arus mudik maupun libur Idul Fitri 1443 Hijriyah. Langkah itu dilakukan dengan melakukan rekayasa lalu lintas seandainya terjadi penumpukan kendaraan di jalur Puncak.

Kapolres Cianjur Ajun Komisaris Besar Doni Hermawan menjelaskan ruas jalan Puncak merupakan salah satu jalur mudik favorit yang kerap dilintasi pemudik. Karena itu, untuk mengantisipasi kepadatan volume kendaraan saat mudik, dipandang perlu melakukan berbagai upaya antisipasi.

"Kita punya jalur Puncak. Nanti kita koordinasi antarpolres, terutama Polres Bogor, dalam hal ini untuk mengantisipasi kepadatan di jalur Puncak," terang Doni, Minggu (24/4).

Cara bertindak penanganan di jalur Puncak biasanya dilakukan dengan merekayasa arus lalu lintas. Termasuk menerapkan sistem buka-tutup kendaraan. "Dengan upaya-upaya antisipasi ini kita harapkan bisa mengurai kepadatan arus kendaraan yang melalui jalur Puncak," tegasnya.

Potensi kemacetan lainnya di jalur Puncak yaitu kunjungan wisatawan ke sejumlah tempat wisata. Doni mengaku akan menempatkan personelnya di ruas-ruas jalan menuju ke objek-objek wisata. "Nanti ada personel menuju ke sejumlah objek wisata. Bisa saja nanti kita lakukan pengalihan arus kendaraan," bebernya.

Polres Cianjur juga mewaspadai potensi keramaian yang bisa memicu kemacetan kendaraan di jalur mudik. Selain di ruas jalan ke tempat-tempat wisata, kata Doni, potensi titik kemacetan berada di kawasan pasar tumpah.

"Kami sudah siapkan personel di titik-titik rawan kemacetan. Kami akan lakukan rekayasa lalu lintas seandainya terjadi pelambatan laju kendaraan di titik-titik rawan macet," jelasnya.

Pada Operasi Ketupat Lodaya 2022 yang akan dilaksanakan 28 April-9 Mei, Polres Cianjur mengerahkan sekitar 600 lebih personel. Ditambah kekuatan dari TNI, Pemkab Cianjur, serta elemen dan organisasi taktis lainnya, total jumlah personel yang dikerahkan lebih kurang 1.400 orang yang akan ditempatkan di 12 pos pengamanan, 9 pos pelayanan, dan 1 pos terpadu. (OL-15)

Baca Juga

ANTARA/Fransisco Carolio

Titik Api Bertambah 10 Kali Lipat, Sumut Siaga Karhutla

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 23:25 WIB
Sumut memiliki wilayah yang rentan mengalami karhutla karena memiliki 3,7 juta ha lahan hutan dan 261 ha lahan...
MI/Kristiadi

Komunitas Mak Ganjar Garut Berdoa Memohon Kemajuan Bangsa

👤Adi Kristiadi 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:28 WIB
RATUSAN Ibu-Ibu bergabung ke dalam komunitas relawan Mak Ganjar untuk mengikuti acara Zikir dan Do'a Bersama untuk Kemajuan Bangsa di...
dok.ist

Perempuan Milenial Sumsel Ajak Pilih Figur yang Terbukti Memajukan Perempuan

👤Dwi Apriani 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:15 WIB
UPAYA konsolidasi dukungan untuk Ganjar Pranowo ini digelar dalam acara  healty fun day di Gedung Graha Bandara Insani, Talang Jambe,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya