Kamis 07 April 2022, 18:05 WIB

Waduk Rancang Lamongan Jebol, 150 Rumah Terdampak

M Yakub | Nusantara
Waduk Rancang Lamongan Jebol, 150 Rumah Terdampak

DOK MI.
Ilustrasi.

 

TANGGUL Waduk Rancang di Dusun/Desa Rancang Kecamatan Lamongan, Jawa Timur, jebol sepanjang 3-4 meter, pada Kamis (7/4) dini hari. Jebolnya waduk dipicu karena kondisi tanggul yang kritis dan debit air waduk yang melebihi kapasitas.

Kondisi tersebut mengakibatkan sekitar 150 keluarga, jalanan desa, 1 tempat ibadah, dan 2 lembaga pendidikan tergenang banjir hingga kisaran 40 cm. Pemkab kemudian menurunkan Tim Reaksi Cepat untuk menanggulangi dampak banjir dengan menutup tanggul yang jebol secara darurat.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi kemudian memantau pelaksanaan perbaikan tanggul yang dilakukan tim BPBD bersama sejumlah instansi terkait. Tanggul tersebut saat ini tengah diperbaiki menggunakan alat berat serta dibantu dengan alat guna penanggulangan banjiran dari BPBD Kabupaten Lamongan.

"Yang jebol tadi kami tutup dengan tanah. Kami optimistis nanti bisa teratasi," ungkap Bupati saat di lokasi.

Menurut dia, limpasan ini terjadi akibat kapasitas waduk yang sudah sampai 97%. "Dengan demikian tekanan air untuk keluar tentu sangat deras sekali," terangnya.

Baca juga: Tiket KA Bandung Menuju Jateng dan Jatim Keberangkatan 30 April Ludes

Dampak jebolnya tanggul waduk dengan sekitar 2-3 meter dan panjang kurang lebih 3-4 meter mengakibatkan permukiman dan fasilitas umum tergenang banjir sekitar 30-40 sentimeter. "Dampaknya ada beberapa RT dan jalanan yang tergenang. Kebetulan untuk sawah yang ada di sekitaran waduk ini rata-rata sudah panen, sehingga dampak di sawah bisa terkendali," tambah Bupati.

Tim BPBD bersama instansi terkait kemudian menutup jebolan tanggul dengan menggunakan bambu. Kemudian ini diperkuat dengan timbunan tanah. Bupati juga meminta pengerjaan perbaikan tanggul diselesaikan secepatnya. (OL-14)

Baca Juga

MI/HO

Emak-Emak Kendal Ramaikan Lomba Futsal bersama Teman Sandi

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 12:23 WIB
Teman Sandi berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membangkitkan semangat warga dan tentunya dapat mengajak masyarakat lebih...
MI/HO

Gelar Hackathon di Surabaya, Sahabat Ganjar Lanjut Cari Talenta Inovatif

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 12:17 WIB
Hackathon merupakan event kompetisi teknologi yang ditujukan untuk mahasiswa/i diseluruh penjuru Indonesia dengan tujuan menggali peran...
MI/Kristiadi

Bus City Trans Utama Masuk Jurang, 3 Orang Tewas

👤Kristiadi 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 11:19 WIB
Ketiga orang yang meninggal dunia itu adalah sepasang suami istri dan seorang kernet...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya