Selasa 05 April 2022, 16:39 WIB

Jumlah Ormas Di Sikka Terus Meningkat

Gabriel Langga | Nusantara
Jumlah Ormas Di Sikka Terus Meningkat

MI/Gabriel Langga
Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Sikka, Ekon Bernadus Ratu (tengah) saat rapat koordinasi ormas tingkat kabupaten, Selasa (5/4)

 

PEMERINTAH Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur mencatat keberadaan organisasi masyarakat (ormas) terus alami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal itu disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Sikka, Ekon Bernadus Ratu saat melakukan rapat koordinasi ormas tingkat kabupaten, Selasa (5/4).

Bernadus Ratu menuturkan ormas yang mendaftar atau melaporkan keberadaannya ke Badan Kesbangpol Kabupaten Sikka pada umumnya ormas yang sudah berdiri dan memiliki badan hukum. Dikatakan, jumlah ormas di Kabupaten Sikka dari 2020 sampai dengan 2022 tercatat ada 171.

"Kalau lihat dari data-data diatas tiap tahun itu keberadaan ormas di Kabupaten Sikka terus alami Peningkatan. Pada 2020 terdapat 150 ormas. Selanjutnya pada 2021 naik lagi menjadi 162 ormas dan pada tahun 2022 sudah menjadi 171 ormas," papar Bernardus Ratu.
 
Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Kesbangpol Kabupaten Sikka, Servatius Sewar membenarkan bahwa keberadaan ormas di Kabupaten Sikka terus alami peningkatan. Meski begitu ia menegaskan bahwa bakal mengambil tindakan tegas bagi organisasi masyarakat, lembaga Swadaya masyarakat hingga organisasi kepemudaan yang tidak memiliki badan hukum dan tidak terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM.

"Kita akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menertibkan Ormas, LSM hingga OKP yang keberadaan organisasinya tidak memiliki badan hukum yang sah dan tidak terdaftar di Kemenkumham, terutama yang berada di Kabupaten Sikka " tegas dia.

Karena itu, ia pun mengimbau Ormas, LSM maupun OKP yang berada di Kabupaten Sikka untuk segera melaporkan kepengurusan organisasi. Hal itu penting karena bagi dia  organisasi kemasyarakatan memiliki peran sebagai mitra pemerintah dalam membantu pembangunan di Kabupaten Sikka ini.

"Jadi saya himbau bagi Ormas, LSM maupun OKP yang sudah berbadan hukum dan terdaftar di Kemenkumham agar melaporkan keberadaan organisasinya ke Kesbangpol Kabupaten Sikka," pungkas Sewar. (OL-15)

Baca Juga

Antara/Fikri Yusuf

Tren Healing Melukat di Carangsari, Berkahnya Mengalir Hingga ke APBD Kabupaten

👤Iis Zatnika 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 23:09 WIB
Berkendara 90 menit saja dari Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, kita akan tiba di Desa Wisata Carangsari, Kabupaten Badung,...
Ist

Jogja Fair 2022 Digelar Bersamaan Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta 

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 23:00 WIB
Event berkelas yang memadukan dari segi bisnis, edukasi, dan hiburan ini akan dihelat di Jogja Expo Center pada 6-9...
DOK Sahabat Ganjar

Emak-Emak Kuningan Deklarasi Dukung Ganjar Pranowo

👤Widhoroso 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 21:35 WIB
DUKUNGAN terhadap Ganjar Pranowo untuk maju dalam pilpres 2024 terus mengalir. Kali ini, dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah itu datang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya