Kamis 31 Maret 2022, 23:55 WIB

BWA Bangun Fasilitas Pipa Air Bersih di Dusun Tolonggeru Bima 

Mediaindonesia.com | Nusantara
BWA Bangun Fasilitas Pipa Air Bersih di Dusun Tolonggeru Bima 

Dok. BWA
Peresmian fasilitas pipa air bersih di Dusun Tolonggeru, Bima

 

PERMASALAHAN air bersih sangat krusial dihadapi masyarakat saat ini. Seperti halnya di Dusun Tolonggeru, Desa Monggo, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Masyarakat setempat sudah lama mengalami kekurangan air bersih. 

Terkait hal itu, Badan Wakaf Al Qur’an (BWA) Jakarta bantu mewujudkan aliran air bersih, sehingga masalah air bersih bukan lagi momok menakutkan bagi warga Dusun Tolonggeru. 

CEO BWA Jakarta  Heru Binawan mengatakan, peresmian sarana air bersih di Dusun Tolonggeru merupakan yang ke-38 di seluruh Indonesia. Sedangkan proyek pertama sarana air bersih di NTB lokasinya di kaki Gunung Doro Mboha Desa Madawau. 

“Limit waktu pengerjaan proyek sarana air bersih di Dusun Tolonggeru selama 8 bulan. Yakni mulai pekerjaan tanggal 1 Juni 2021 dan selesai tanggal 30 Januari 2022 lalu,” ujar Heru Binawan di Bima, Kamis (31/3). 

Heru mengatakan, total panjang pipa penyalur air sepanjang 9,5 kilometer, jenis wakaf yang dikerjakan antara lain bak beton tertutup kapasitas 25.000 liter air, bendung beton di sumber air panjang 5 meter dan tinggi 1 meter, paket sambungan ke rumah warga, masjid, gereja dan lainnya. 

“Azas manfaatnya untuk masjid, 2 gereja dan 300 unit rumah warga,” terangnya. 

Heru berharap, warga Dusun Tolonggeru dapat menggunakan sarana air bersih dengan baik. Kemudian dapat menjaga dan merawatnya sehingga azas manfaat dapat dirasakan dalam waktu jangka panjang. 

“Sarana air bersih ini tolong dijaga dengan baik, siapa pun yang menjaganya pasti dijaga oleh Allah SWT. Karena hakikatnya, sarana air bersih ini milik Allah SWT,” pintanya. 

Tokoh Masyarakat Bima yang berdomisili di Jakarta, Irwansyah Al Karim mengungkapkan, walaupun berdomisili di Jakarta tidak pernah lupa dengan kampung halaman. Sebagai relasi atau kerabat BWA Jakarta menyiapkan sarana air bersih dan mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi keluarga yang ada di Dusun Tolonggeru. 

“Semoga keberadaan sarana air bersih ini mampu mencukupi kebutuhan rumah tangga, sarana ibadah bahkan untuk kebutuhan pertanian,” ucap pria asal Desa Mpuri ini. 

Baca juga : Unibis Peduli Berikan Donasi bagi Korban Bencana Gempa Pasaman Barat 

Irwansyah meminta warga setempat agar menjaga amanah ini dengan baik. Yakni ikut berpartisipasi atau ambil bagian untuk merawat sarana air bersih ini dengan sebaik-baiknya, sehingga sarana air berish ini dapat dirasakan oleh anak cucu kita di masa akan datang. 

“Sarana air bersih ini adalah amanah yang harus dijaga bersama. Untuk itu diminta kepada keluarga yang ada di Dusun Tolonggeru merawat dan memeliharanya,” harapnya. 

Dijelaskannya, selain membantu sarana air bersih, kita juga melaksanakan sunatan ceria terhadap 21 anak dusun setempat. Satu hal yang menarik, sebut Bang Irwan sapaanya, dari total 21 anak tersebut 8 orang beragama Islam dan 13 orang lainnya non muslim. 

“BWA juga menyalurkan zakat untuk 16 orang warga muslim setempat,” jelasnya. 

Irwan menambahkan, walaupun hidup berbeda agama, suasana kerukunan di Dusun Tolonggeru sangat harmonis. Hal itu menunjukan bahwa sikap toleransi antar umat beragama sangat kental di dusun setempat. 

“Toleransi adalah sikap yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga terwujud lingkungan yang aman, tentram dan yang pasti akan jauh dari konflik,” sebutnya. 

Mewakili Masyarakat Dusun Tolonggeru, Abdul Majid, mengucapkan terimakasih kepada BWA dan rombongan yang ikut hadir pada kesempatan tersebut. Katanya, BWA sudah mampu mewujudkan sarana air bersih untuk kebutuhan warga Dusun Tolonggeru, semua itu tidak terlepas dari do’a kita semua serta partisipasi keluarga Bima yang ada di Jakarta. 

“Semoga semua yang berpartisipasi untk mewujudkan sarana air bersih di Dusun Tolonggeru mendapat ganjaran pahala dan naungan dari Allah SWT,” pintanya. 

Diceritakannya, sebelum ada bantuan ini, masyarakat di sini kesulitan air bersih. Untuk mendapatkan air bersih, warga harus ke Taman Wisata Madapangga yang cukup jauh dari permukiman warga Tolonggeru. 

“Mata air di Taman Wisata Madapangga satu – satunya sumber kehidupan warga Tolonggeru. Saat ini harus bersyukur karena Allah SWT menggerakkan hati orang – orang baik yang berkecimpung di BWA membantu mewujudkan saran air bersih,” ungkapnya. (RO/OL-7)
 

Baca Juga

MI/Apul Iskandar

Warga Pematangsiantar Keberatan Penagihan PBB Kedaluwarsa

👤Apul Iskandar 🕔Senin 04 Juli 2022, 13:57 WIB
Padahal menurutnya perda tersebut mengatur PBB yang sudah lebih dari 5 tahun tidak dapat lagi ditagih karena sudah kedaluwarsa apalagi...
MGN/Bambang Yulianto

3 Hektare Padi Siap Panen Rusak Terserang Hama Wereng

👤Bambang Yulianto (MGN), Yuchri Prabudi (SB) 🕔Senin 04 Juli 2022, 13:49 WIB
SELUAS tiga hektare tanaman padi di Desa Kedungrejo, Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, yang siap panen rusak terserang...
Antara

Hewan Ternak Sembuh dari PMK di NTB Capai 28 Ribu Ekor

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 11:30 WIB
Angka kesembuhan hewan ternak dari serangan penyakit mulut dan kuku (PMK) di Nusa Tenggara Barat (NTB) meningkat hingga mencapai 28.132...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya