Senin 07 Maret 2022, 20:09 WIB

Kematian Pasien Covid-19 Tinggi, Solo Naik ke PPKM Level 4 

Widjajadi | Nusantara
Kematian Pasien Covid-19 Tinggi, Solo Naik ke PPKM Level 4 

Antara/Muhamamd Ayudha
tenaga kesehatan menyiapkan tempat tidur di tempat Isolasi terpusat Kola Solo

 

TINGKAT kematian pasien Covid-19 yang tinggi di Kota Solo, Jawa Tengah, membuat level Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota yang dipimpin Gibran Rakabuming Raka itu naik ke level 4. 

"Berdasarkan rapat hasil evaluasi pusat, Kota Solo menjadi sorotan karena angka kematian karena Covid-19 tinggi pada beberapa hari terakhir. Hal tersebut yang kemudian pemerintah pusat menaikkan PPKM Level 4," papar Wakil Walikota Teguh Prakosa usai Rakor Covid di Balaikota, Senin (7/3) sore. 

Menurut dia, status Kota Solo kembali naik menjadi PPKM level 4, ditetapkan mulai pekan ini dan harus menjadi peringatan bersama, untuk lebih disiplin dalam pelaksanaan protokol kesehatan. 

Yang jelas, lanjut politisi PDIP itu, kenaikan level seiring dengan meningkatnya jumlah kasus aktif, BOR (Bed occupancy rate/persentase pemakaian tempat tidur) dan juga jumlah angka kematian. 

Ia menyebutkan, dalan beberapa hari terakhir angka kematian karena Covid-19 di Kota Solo memang naik secara signifikan. Sedikitnya ada 5 kematian per hari dalam beberapa terakhir, dengan catatan, sebagian besar karena faktor komorbid. 

Baca juga :Kasus Covid-19 di DIY Menurun, Sri Sultan: Kami Masih Pantau

Secara akumulasi dalam satu pekan terdapat 20 kematian karena Covid-19 di Kota Solo, meski secara garis besar menunjukkan penurunan, dan kesembuhan dalam jumlah besar. 

Lebih jauh Teguh memaparkan, BOR isolasi COVID-19 per Senin, 7 Maret 2022 berada di angka 71 persen, atau turun dari hari sebelumnya 85 persen. Dan masih jauh dari angka 50 persen, yang menjadi batas penurunan level PPKM. 

Teguh meyakini regulasi penanganan PPKM Level 4 secara umum tidak akan jauh berbeda dengan penerapan PPKM level 3. Dan kebijakan 

Pembelajaran Tatap Muka (PTM) PPKM Level 4 akan diatur Dinas Pendidikan (Disdik). 

"Untuk PTM dipastikan tetap jalan," pungkas suami Serlly Yusnita itu. (OL-7)

Baca Juga

DOK.MI

3 Tersangka Kasus Korupsi Pembangunan Pagar Puskesmas di NTT Ditahan

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:25 WIB
Anggaran proyek itu bersumber dari Dinas Kesehatan Rote Ndao sebesar Rp1,120...
Dok. Pribadi

Sandiaga Berikan Bantuan Seniman Tari Surakarta Kembangkan Bakatnya

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:17 WIB
Dalam kesempatan itu, Dzari mengatakan tarian goleknya belum memiliki musik pengiring. Sebab Dzari terkendala biaya untuk menyewa gamelan...
Dok. OMG Ganjar

Sikap Egaliter dan Peduli Budaya Lokal Bikin Orang Muda Lampung Jatuh Hati ke Ganjar

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:11 WIB
"Kalau melihat dari anak-anak muda Lampung, sosok beliau adalah sosok yang egaliter, jadi dia peduli dengan rakyatnya, peduli dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya