Sabtu 05 Februari 2022, 14:27 WIB

Muncul Klaster Pendidikan, Kasus Covid-19 Blora Meningkat

Akhmad Safuan | Nusantara
Muncul Klaster Pendidikan, Kasus Covid-19 Blora Meningkat

MI/Andri W
Ilustrasi pembelajaran tatap muka

 

KASUS covid-19 di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, melonjak akibat munculnya klaster pendidikan. Bupati Arief Rohman langsung memerintahkan untuk dilakukan isolasi terpusat guna mencegah penyebaran yang lebih besar.

Pemantauan Media Indonesia, Sabtu (5/2), kasus covid-19 di Kabupaten Blora langsung melonjak setelah muncul klaster pendidikan, sebanyak 28 santri yang menempuh pendidikan di SMP Insan Gemilang Plus, Pondok Pesantren Insan Gemilang Blora positif terpapar virus korona.

Dengan munculnya klaster pendidikan ini, kasus covid-19 di Blora yang sebelumnya baru 10 orang menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri, kini meningkat menjadi 38 orang positif covid-19.

"Awalnya hanya satu orang diketahui positif covid-19, setelah dilakukan testing antigen bertambah 27 orang terpapar," kata Bupati Blora Arief Rohman.

Baca juga: Enam Warga Tewas usai Pesta Miras di Blora

Kasus covid-19 di lingkungan pendidikan ini menjadi perhatian serius, lanjut Arief Rohman, karena muncul di saat sedang persiapan pemberlakuan sekolah tatap muka 100%. Untuk mencegah terjadinya penyebaran secara masif, perlu penanganan serius.

Menindaklanjuti munculnya klaster pendidikan, ujar Arief Rohman, maka diperintahkan kepada Dinas Kesehatan Blora dan instansi terkait untuk melakukan penanganan cepat dengan mengisolasi seluruh siswa positif covid-19 secara terpusat.

"Berikan tempat isolasi terbaik dan pengobatan serta vitamin agar cepat pulih," tambahnya.

Setelah diketahui munculnya klaster ini, Dinas Kesehatan dan Satgas Covid-19 Blora segera melakukan testing secara massal di berbagai tempat untuk dapat melakukan penanganan dini, karena dikhawatirkan masih banyak warga positif terpapar virus korona yang tanpa gejala.(OL-5)

Baca Juga

Dok. IG @holywings

Ini Pesan Ridwan Kamil pada Bima Arya Terkait Holywings

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 12:40 WIB
Dia menjelaskan kewenangan tentang izin usaha di Provinsi Jawa Barat ada di bawah pemerintah daerah tingkat kabupaten/kota, bukan di tangan...
MI/John Lewar.

Kapal Wisata Karam, Petugas Labuan Bajo Temukan Dua Jenazah

👤John Lewar 🕔Selasa 28 Juni 2022, 12:39 WIB
Mereka berlibur bersama dua wisatawan asal Denmark. Satu wisatawan mengalami luka berat saat memecahkan kaca jendela kamar kapal untuk...
DOK MI.

Polres Musi Banyuasin Ringkus Komplotan Pembunuh Bayaran terkait Narkoba

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 12:25 WIB
Sembilan pelaku tersebut diduga komplotan pembunuh bayaran atas pesan seseorang untuk menewaskan Reli Sepriadi, 33, warga kelurahan Soak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya