Kamis 27 Januari 2022, 17:30 WIB

Pemprov Sumsel Pastikan Stok Minyak Goreng Satu Harga Aman

Dwi Apriani | Nusantara
Pemprov Sumsel Pastikan Stok Minyak Goreng Satu Harga Aman

MI/Dwi Apriani
Ilustrasi: Pasar ritel modern di Palembang, Sumsel.

 

SEJAK pemerintah menetapkan harga minyak goreng satu harga Rp14.000 per liter, masyarakat malah sulit mendapatkan komoditas itu di setiap ritel. Padahal Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan memastikan stok minyak goreng aman untuk enam bulan kedepan.

"Memang terjadi kendala dalam pendistribusian, sebab tak disangka antusias masyarakat begitu besar yang mengakibatkan minyak goreng cepat habis," kata Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel, Ahmad Rizali, Kamis (27/1/2022).

Menurutnya, tidak ada yang menimbun ataupun menyimpan dalam jumlah banyak. Hanya saja memang terkendala proses distribusi dari distributor, karena banyak pihak tidak menyangka kebijakan harga Rp14.000 disambut antusias oleh masyarakat.

"Akibatnya stok yang seharusnya bisa untuk dua Minggu habis dalam waktu satu hari. Untuk itu distributor butuh waktu untuk menyuplai kembali minyak goreng ke ritel-ritel secara bertahap," katanya.

Menurutnya, dari distributor ke ritel atau pedagang setidaknya butuh waktu semingguan untuk stok yang ada bisa stabil. Jadi diharapkan masyarakat tidak perlu panic buying. "Pemerintah Provinsi Sumsel sudah menyiapkan 45-60 juta liter minyak goreng untuk enam bulan kedepan atau disediakan 8 juta liter per bulan. Jadi jangan takut habis, stok aman untuk enam bulan
kedepan," katanya.

Sementara itu terkait di tingkat pedagang yang ingin membeli dari distributor kini diwajibkan untuk melampirkan NPWP menurutnya, hal tersebut dilakukan untuk proses pembayaran pajak atas dana subsidi BPDPKS (Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit).

"Karena untuk subsidi minyak goreng ini menggunakan uang negara maka diperlukan NPWP untuk pelaporan pajaknya. Harga acuan keekonomian (HAK) minyak goreng Rp19.000 sedangkan harga eceran tertinggi (HET) Rp14.000 artinya Rp5.000 nya yang disubsidi," jelasnya. (OL-13)

Baca Juga: Minyak Goreng Satu Harga Rp14 ribu/liter di Purwokerto Sulit Dicari

Baca Juga

dok.ist

Diduga TPPU, PT Titan Diminta Angkat Kaki dari Sumsel

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 18 Mei 2022, 21:50 WIB
AKTIVIS dan tokoh pemuda asal Muara Enim Hari Azuar meminta agar PT Titan Group segera hengkang dengan meninggalkan semua bisnisnya di...
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Pemkab Nyatakan Sebaran PMK di Lamongan Relatif Terkendali

👤M Yakub 🕔Rabu 18 Mei 2022, 21:49 WIB
"Sapi-sapi yang sebelumnya mengalami penurunan nafsu makan dan tidak bisa berdiri, saat ini sudah mulai...
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Stok dari Jatim Berkurang, Harga Sapi di Bandung Barat Naik

👤Depi Gunawan 🕔Rabu 18 Mei 2022, 21:37 WIB
"Harga sapi pasti mahal, stok kurang karena enggak ada kiriman pasokan dari luar terutama daerah di Jawa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya