Selasa 25 Januari 2022, 20:35 WIB

Muhadjir Effendy Kawal Kota Surakarta Menuju Bebas Kawasan Kumuh

Widjajadi | Nusantara
Muhadjir Effendy Kawal Kota Surakarta Menuju Bebas Kawasan Kumuh

MI/WIDJAJADI
Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming memulai penataan kawasan kumuh

 


MENTERI Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy meminta penataan kawasan slum Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah, tuntas tahun ini.

"Kalau bisa lebih cepat dari target 2023. Kita harapkan selesai pada tahun ini, tidak ada lagi kawasan kumuh, sehingga wilayah Semanggi Selatan sudah bisa ditempati," tandas Muhajir saat peletakan batu pertama pembangunan 47 rumah layak huni di Semanggi, Selasa (25/1).

Wali Kota Gibran Rakabuming Raka menyambut baik harapan Menko Muhadjir. "Komitmen Pemkot Surakarta adalah mengebut penanganan kawasan kumuh pada 2022," tegasnya.

Dia menambahkan fokus penanganan kawasan kumuh di Surakarta ialah  membangunkan rumah layak huni di kawasan Mojo dan Semanggi, di Kecamatan Pasar Kliwon.

"Kita tahun ini memperoleh bantuan CSR dari berbagai pihak di antaranya PT Shopee dan PT SMF. Usai mengerjakan 47 rumah layak huni dari SMF, lalu 136 di Semanggi utara dibangunkan Shopee," kata Gibran.

Saat ini ada 60% atau 135 hektare pemukiman kumuh di Semanggi dan Mojo yang ditata. Targetnya, tahun ini Surakarta bebas dari kekumuhan.

Gibran menjelaskan, berkurangnya kawasan kumuh secara otomatis permasalahan lain seperti stunting diharapkan juga akan berkurang.

"Saya apresiasi terhadap semua pihak yang membantu meringankan penanganan kawasan kumuh termasuk mengawal program Kotaku, SMF dan Shopee," imbuh putra sulung Presiden Jokowi itu.

Lebih jauh, Menko Muhadjir mengakui pembebasan kawasan kumuh di Kota Surakarta oleh pemerintah dan pembiayaan dana CSR akan dijadikan model penyelesaian kemiskinan di wilayah perkotaan di Indonesia.

"Kota Solo sebagai model yang nanti diharapkan menjadi semacam prototipe untuk menyelesaikan persoalan pemukiman kumuh di daerah lain," pungkasnya. (N-2)

Baca Juga

MI/Apul Iskandar

Petugas Lapas Kelas IIA Pematangsiantar Gelar Razia, Hanya Temukan Ponsel dan Kartu Remi

👤Apul Iskandar 🕔Jumat 20 Mei 2022, 10:57 WIB
Plt Kalapas Kelas IIA Pematangsiantar, Mhd Thavip melalui KPLP, Raymond Andika Girsang, mengatakan razia kamar WBP merupakan agenda rutin...
MI/Apul Iskandar

BPODT Ajak Bank Indonesia Bangkitkan Pariwisata Danau Toba

👤Apul Iskandar 🕔Jumat 20 Mei 2022, 10:54 WIB
Dalam gelaran FGD tersebut turut juga menghadirkan nara sumber dari GM Simalem Resort, GM Hotel Niagara, PT Angkasa Pura dan PT Jasa Marga...
MI/Gabriel Langga

Kapolres Sikka Proses Pidana Anak Buahnya yang Aniaya Selingkuhan

👤Gabriel Langga 🕔Jumat 20 Mei 2022, 09:35 WIB
OKNUM polisi berinisial R yang menganiaya selingkuhannya pada Rabu 18 Mei 2022 telah dijebloskan ke jeruji besi di Polres Sikka, Kabupaten...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya