Selasa 25 Januari 2022, 20:23 WIB

Jurus Ganjar Turunkan Kemiskinan dengan RSLH

Haryanto | Nusantara
Jurus Ganjar Turunkan Kemiskinan dengan RSLH

dok.humas
Gubernur Ganjar Pranowo melihat rehabilitasi rumah kader PDIP Atmo di Pasar Batang, Brebes, Jawa Tengah, Selasa (25/1)

 

SALAH satu cara menurunkan angka kemiskinan adalah dengan menyalurkan bantuan pembangunan Rumah Sehat Layak Huni (RSLH), listrik gratis, jambanisasi dan air bersih.

Untuk bantuan RSLH Gubernur Jateng Ganjar Pranowo  menargetkan pembangunan sebanyak 100 ribu unit. Dari 100 ribu unit tersebut bakal digarap oleh banyak pihak. Mulai dari APBD provinsi, APBD kabupaten/kota, Baznas, APBDes, CSR, filantropis sampai APBN.

"Konsep yang kita pakai adalah gotong royong. Karena kami sadar jika hanya  pakai APBD provinsi, itu tidak akan pernah cukup," kata Ganjar saat menyerahkan bantuan pembangunan RSLH di Brebes, Selasa (25/1).

Untuk pembangunan RSLH yang bersumber dari APBD provinsi pada tahun ini, kata Ganjar, mencapai 11.292 unit. Untuk realisasinya, setiap unit dianggarkan Rp 17 juta. Jika berkaca pada capaian tahun-tahun sebelumnya Ganjar yakin target pembangunan 100 ribu unit RSLH bisa terealisasi.

Hal tersebut sekaligus juga untuk memenuhi target RPJMD tahun 2018 - 2023 yang menargetkan pembangunan 1,5 juta unit RSLH. Sementara sampai tahun ini sudah mencapai 931 ribu unit.

"Tentu ini mesti dikeroyok banyak pihak. Karena juga indikator penurunan kemiskinan yang mau kita garap ada yang lain. Selain RSLH juga ada bantuan listrik gratis, jambanisasi dan air bersih," kata Ganjar.

Seperti di Kabupaten Brebes ini pemprov dan pemkab saling nyengkuyung pembangunan. Pemprov yang membangun RSLH, pemkab yang membangun jamban.

Untuk di Kabupaten Brebes tahun ini mendapat alokasi pembangunan RSLH dari APBD provinsi sebanyak 900 unit. Ganjar berharap stimulan itu bisa memancing banyak pihak untuk ikut turun di Brebes yang masuk dalam wilayah prioritas penurunan kemiskinan ekstrem.

"Jika indikator-indikator kemiskinan itu kita tuntaskan, wah cepet banget penurunan kemiskinan di Jateng. Kita ikhtiar untuk itu," kata Ganjar.

Rehabilitasi Rumah Kader PDIP

Salah satu penerima RSLH,  Atmo (62) yang merupakan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Pasar Batang, Brebes, Jawa Tengah sempat disambangi Ganjar.  "Ini program penurunan kemiskinan ekstrem yang ada di Kabupaten Brebes. Tapi bareng-bareng selama Januari, masih ulang tahun PDIP sekalian," ujar Ganjar Pranowo

Ganjar mengaku kedatangannya sekaligus memastikan bantuan RTLH berjalan dan tepat sasaran. Ganjar juga mengajak masyarakat sekitar turut membantu.  "Tadi warga sekitar katanya siap gotong royong, nanti dibantu dari Babinsannya juga. Ya bersinergi lah ada dari pemerintah, dan masyarakat ," ucap Ganjar.

Sementara itu, Agung (29) yang merupakan anak Atmo menjelaskan ayahnya adalah seorang kader PDIP yang terbilang kurang mampu. Kondisi rumahnya sangat tidak layak dan berukuran kecil.

"Kondisi rumah sudah mau roboh, atapnya kalau hujan suka bocor, saya tinggal di sini dari kecil bersama bapak. Ya pengennya diperbaiki dengan program Rumah Tidak Layak Huni," kata Agung.

Agung menyebut kondisi Atmo saat ini mengkhawatirkan lantaran sudah 40 hari mengidap penyakit Meningitis. Dia bilang, ayahnya itu sudah tak mampu berjalan dan merasa terharu saat didatangi Ganjar.

"Saya berterima kasih kepada Pak Ganjar. Pak Ganjar itu orangnya tegas, baik, dan peduli kepada rakyatnya," tuturnya. (OL-13)

Baca Juga

Ist/BP Batam

Kepala BP Batam Lantik Pejabat Struktural Badan Usaha Bandar Udara dan Pelabuhan

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 07:34 WIB
Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, mengatakan, pelantikan ini merupakan implementasi dari SK BP Batam Nomor 95 Tahun...
dok.ist

Sikap Petani Di Bergas Lor Curi Perhatian Ganjar

👤Haryanto 🕔Rabu 29 Juni 2022, 07:10 WIB
ADA peristiwa tak terduga pada Peringatan Bulan Soekarno di Bergas Lor, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, seorang petani berdiri tegak...
Ant/Mohammad Ayudha

PLTSA Putri Cempo Diuji Cobakan Hasilkan Listrik

👤Widjajadi 🕔Rabu 29 Juni 2022, 07:05 WIB
PROYEK Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Putri Cempo yang merupakan proyek pengembangan pembangkit listrik berbasis sampah di Kota...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya