Minggu 23 Januari 2022, 10:15 WIB

Sebagian Besar Warga Terpapar Omikron di Jawa Tengah Sembuh

Akhmad Safuan | Nusantara
Sebagian Besar Warga Terpapar Omikron di Jawa Tengah Sembuh

dok.humas
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

 

KASUS covid-19 varian omicron masuk di empat daerah di Jawa Tengah, sembilan warga terkonfirmasi omicron tersebut, tujuh sembuh saat hasil pemeriksaan whole genome sequencing (WGS) keluar dan diterima dinas kesehatan. Dua masih dalam perawatan.

Pemantauan Media Indonesia Minggu (23/1) kasus covid-19 varian omicron menjadi perhatian khusus berbagai pihak di Jawa Tengah, apalagi di ketahui telah masuk di tiga daerah yakni Kota Semarang, Kota Pekalongan, Sukoharjo dan Cilacap dengan sembilan kasus.

Berdasarkan catatan, dari sembilan warga terkonfirmasi covid-19 varian omicron enam diantaranya di Kota Semarang dan tiga daerah lain tersebut rata-rata satu orang. Dari jumlah itu, tujuh sudah sembuh dan saat ini tersisa dua orang dirawat di dua rumah sakit di ibukota Jawa Tengah.

"Di sini terdapat satu warga berusia 18 tahun terpapar covid-19 varian omicron, diduga tertular dari tamu yang datang dari Daerah Bekasi namun sudah sembuh bersamaan hasil pemeriksaan WGS keluar," kata Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Abdul Hakam mengatakan di daerahnya terdapat enam warga berasal dari luar daerah tetapi berdomisili di Kota Semarang diketahui terpapar covid-19 varian omicron. Empat pasien diantaranya sembuh saat hasil pemeriksaan WGS baru keluar dan kini hanya tersisa dua orang dirawat di dua rumah sakit.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah Kombes Iqbal Alqudusy membenarkan ada sembilan warga terkonfirmasi covid-19 varian omicron yakni berasal dari Kota Semarang, Cilacap, Pekalongan dan Sukoharjo, sehingga diminta warga tetap waspada dan disiplin protokol Kesehatan.

Kepolisian di seluruh daerah di Jawa Tengah, lanjut Iqbal Alqudusy, terus berupaya membantu pemerintah untuk memberikan sosialisasi masalah covid-19 dan melakukan percepatan vaksinasi baik warga umum, lansia, anak dan booster sebagai upaya mencegah penyebaran terutama varian omicron.

"Saya minta warga tidak perlu panik tetapi terap disiplin protokol kesehatan, saya minta dilakukan percepatan vaksinasi dan persiapkan seluruh fasilitas kesehatan menghadapi varian omicron ini," ujar Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Selain langkah tersebut, demikian Ganjar Pranowo, diminta kepada seluruh instansi terkait serta warga untuk saling melakukan pengawasan terutama kepada warga yang baru pulang dari luar negeri maupun luar daerah, karena pada kasus covid-19 varian Omicron tersebut sebagai besar berasal dari warga yang baru balik dari luar negeri. (OL-13)

Baca Juga: Kasus Covid-19 hingga Sabtu di Jakarta Bertambah 1.825 Orang

Baca Juga

dok.Ist

Jawara Sumedang Dukung Sandiaga Jadi Presiden

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 23:28 WIB
PARA relawan Jaringan Wanita Nusantara (Jawara) Sandi Uno memberikan pelatihan budidaya tambak ikan di Waduk Jatigede, Desa Tarjunajaya...
Dok. PT SIS

Maksimalkan Potensi Bahari, Suzuki Marine Resmikan DIler Baru di Makassar

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:37 WIB
“Sulawesi Selatan adalah salah satu daerah yang memiliki potensi bahari yang besar. Untuk memaksimalkan potensi tersebut, kami hadir...
Ist

Cegah PMK di Lampung, Apkasi Usulkan Stop Pasokan Sapi dari Luar Daerah

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:10 WIB
Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama para Bupati se-Provinsi Lampung sepakat bahwa penanganan virus PMK pada ternak ini...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya