Kamis 20 Januari 2022, 21:30 WIB

Jatim-Jabar Sepakat Kerja Sama Gali Potensi Daerah

Faishol Taselan | Nusantara
Jatim-Jabar Sepakat Kerja Sama Gali Potensi Daerah

MI/FAISHOL TASELAN
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sepakat bekerja sama

 


DUA pemerintah provinsi dengan penduduk terbesar di Indonesia, yakni Pemprov Jawa Timur dan Pemprov Jawa Barat sepakat bekerja sama.

Kamis (20/1), Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan gubernur Jabar Ridwan kamil menandatangani kesepakatan bersama soal Pengembangan Potensi Daerah dan Peningkatan Pelayanan Publik.

Selain kedua gubernur, kesepakatan juga ditandatangani Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, serta Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan dari dua provinsi.
 
Gubernur Jabar Ridwan Kamil berharap, kesepakatan ini dapat meningkatkan volume kerja sama dan perdagangan antarprovinsi. Selama ini, kerja sama seringkali hanya dilakukan pada tingkatkan bisnis ke bisnis. "Sekarang ditingkatkan pada pemerintahan ke pemerintahan."

Jumlah penduduk Jabar, saat ini mencapai 50 juta jiwa. Menurut Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, swasembada pangan menjadi sebuah keharusan yang harus dicapai. Salah satu yang jadi masalah adalah Jabar masih impor sapi.

"Kami ingin belajar dari Jawa Timur. Balai Besar Inseminasi Buatan yang ada di Singosari, Malang, bisa menjadi tempat kami belajar," imbuhnya.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa berharap, Jatim dan Jabar bisa bersama sama menjadi bagian dari penopang swasembada daging. Melalui Balai Besar Inseminasi Buatan, keduanya akan mengembangkan potensi yang ada menjadi luar biasa.

"Bagaimana meningkatkan produktivitas, kita didukung Balai Besar Inseminasi Buatan. Tidak sekadar melakukan budi daya sapi, tapi juga rumah potong hewan halalnya," paparnya.

Gubernur Khofifah juga menyinggung potensi industri kreatif dari kedua Provinsi, yakni fashion. Kedua provinsi memiliki desainer yang mumpuni, serta karya karya fashion yang patut diperhitungkan. (N-2)

Baca Juga

AFP/	ADRIAN DENNIS

MXGP Sumbawa Dilaksanakan 24-26 Juni

👤Yusuf Riaman 🕔Kamis 26 Mei 2022, 16:05 WIB
"Ini tantangan dan peluang bagi masyarakat. Tidak sekadar gelaran balap tapi dampak ekonomi, dan...
Antara/Andreas Fitri Atmoko.

Domba Terkena PMK Ditemukan di Bantul

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Kamis 26 Mei 2022, 15:50 WIB
Terkait asal mula PMK bisa menular ke ternak tersebut, pihak DKPP Bantul masih...
ANTARA

Usai Hadiri Pernikahan Adiknya, Jokowi Blusukan ke Taman Balekambang

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 15:50 WIB
Sudah dua tahun terakhir seni tradisional berhenti beraktivitas akibat pandemi COVID-19. Akibatnya, pelaku seni budaya juga tidak memiliki...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya