Senin 03 Januari 2022, 11:43 WIB

Trafik Penerbangan di Ende Mulai Meningkat Sinyal Ekonomi Membaik

Gabriel Langga | Nusantara
Trafik Penerbangan di Ende Mulai Meningkat Sinyal Ekonomi Membaik

MI/Gabriel Langga
Penumpang turun dari pesawat di Bandara H. Hasan Aroeboesman Ende, mulai meningkat, Senin (3/1)

 

AKTIVITAS di bandara Haji Hasan Aroeboesman Ende, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur perlahan-lahan meningkat. Pergerakan pesawat dan penumpang memberi sinyal peningkatan ekonomi bagi masyarakat Kabupaten Ende.

Kepala Bandar Udara H. Hasan Aroeboesman Ende, Indra Triyanyono mengatakan, selama pandemi sejak setahun lalu penerbangan di Kabupaten Ende sepi bahkan tidak ada penerbangan. Apalagi, beberapa persyaratan perjalanan yang harus dipenuhi calon pelaku perjalanan membuat biaya meningkat. Akibatnya, berdampak pada ekonomi masyarakat terutama para pedagang dan sopir di bandara ini.

Namun, ungkap Indra, memasuki November 2021 sampai dengan 1 Januari 2022 aktivitas penerbangan di bandara Ende sudah mulai normal kembali. Dalam sehari, Bandara Ende bisa melayani lima penerbangan dengan dua maskapai penerbangan yaitu Wings Air dan Citilink.

"Kan sekarang frekuensi penerbangan di bandara Ende sudah normal. Dalam sehari kita sudah layani lima penerbangan. Ini bisa kita simpulkan bahwa arus ekonomi di NTT sudah kembali normal. Sebelumnya dengan dua penerbangan sehari saja penumpangnya tidak penuh. Tetapi sekarang semua terisi oleh penumpang," ujar Indra, di kantornya, Senin (4/1).

Untuk penumpang tujuan dari Kabupaten Ende ke wilayah lain di NTT, jelas dia, seperti Kupang dan Labuan Bajo, para penumpang hanya menunjukan bukti telah divaksin Covid-19. Sedangkan rapid antigen tidak dibutuhkan lagi untuk wilayah penerbangan seputar di NTT.

"Sekarang bukti rapid test Antigen tidak jadi syarat lagi untuk penumpang tujuan dalam wilayah NTT. Calon penumpang hanya wajib tunjukkan surat vaksin Covid-19. Kalau ke Denpasar atau Jakarta masih wajib rapid Antigen maupun PCR," pungkas Indra. (OL-13).

Baca Juga: KKP Bakar Bangkai Paus Sperma di Pesisir Kupang

 

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Jaswita Jabar Kembangkan Objek Wisata Baru di Ciwidey

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:40 WIB
Hejo Forest menyajikan wisata alam di Kabupaten...
MI/Ruta Suryana

240 Siswa PAUD dan Orangtua Berkolaborasi Ikuti Lomba Kreativitas

👤Ruta Suryana 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:38 WIB
Pada acara ini ada 3 kegiatan yang dilombakan. Yakni Lomba Peragaan Busana ke Pura, Lomba Simulasi Berlian, dan Lomba Menyajikan...
DOK MI

Polda NTT Tahan Istri Terdakwa Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak

👤Palce Amalo 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:34 WIB
POLDA Nusa Tenggara Timur (NTT) menahan Irawaty Astana Dewi Ua atau Ira, istri Randy Bajideh, terdakwa kasus pembunuhan ibu dan anak. Ira...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya